Breaking News

Ukir Sejarah, Garuda Muda "Terbang" ke Final Piala Asia 2024 di Qatar

Timnas Indonesia berfoto usai menaklukkan Turkmenistan 2-0 dalam laga kedua babak kualifikasi Grup K di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023) malam dan memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar 2024. (Istimewa/ Instagram @pssi)


WELFARE.id-Garuda Muda ukir sejarah. Untuk kali pertama, Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 yang akan digelar di Qatar, tahun depan. 

Kepastian itu dikantongi, usai Timnas Indonesia mengalahkan Timnas Turkmenistan 2-0 dalam laga kedua babak Kualifikasi Piala Asia U-23 Grup K di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023) malam. Dua gol Indonesia dicetak Ivar Jenner pada menit ke-41 dan Pratama Arhan pada menit ke-92.

Skuat asuhan Shin Tae Yong itu pun melenggang mulus menuju Qatar setelah menduduki pemuncak klasemen Grup K dengan raihan 6 poin dan selisih gol 10-0. "Alhamdulillah, kita lolos Piala Asia U-23 untuk pertama kali sepanjang sejarah. Ini bukti kalau kita bisa," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (13/9/2023) .

Ia tak lupa mengucapkan selamat untuk seluruh pemain, pelatih, dan official. "Selamat, kalian layak mendapatkannya setelah berjuang begitu keras, baik dalam latihan maupun pertandingan," imbuhnya.

Erick juga memuji sikap para pemain yang bermain tenang meski kerap diprovokasi lawan. Menurut Erick, ketenangan para pemain menjadi kunci sehingga dapat mendominasi permainan. 

Kemenangan ini, lanjut Erick, menjadi momentum Indonesia untuk meningkatkan level permainan di ajang internasional. "Setelah kemarin menang lawan Taiwan, lalu sekarang menang lagi lawan Turkmenistan. Tradisi kemenangan seperti ini yang harus terus kita jaga untuk menembus Olimpiade Paris 2024," ajaknya.


Prediksi Grup "Neraka"


Tapi, perjuangan Timnas Indonesia U-23 belum usai. Mereka harus siap menghadapi tim-tim yang lebih tangguh di Piala Asia U-23 2024. Pasalnya, Indonesia berada di pot 4 dalam drawing fase grup. 

Selain Indonesia, ada tiga negara lain yang ditempatkan di pot 4 yakni Malaysia, Tajikistan, dan Tiongkok. 

Patut dicatat, bahwa Malaysia lolos ke Piala Asia U-23 dengan status runner-up terbaik.  Ada pun Qatar selaku tuan rumah ditempatkan di pot 1 bersama dengan juara bertahan Arab Saudi bersama dengan Uzbekistan dan Jepang.

Dengan menempati pot 4, Timnas Indonesia U-23 diprediksi bakal mendapat lawan sulit. Berikut ini pembagian pot Piala Asia U-23 2024:


POT 1 

Qatar (tuan rumah)

, Arab Saudi, 

Uzbekistan, 

Jepang


POT 2

 Australia, 

Korea Selatan

, Irak, 

Vietnam


POT 3

 Thailand, 

Jordan

, UEA, 

Kuwait


POT 4 

Malaysia, 

Tajikistan, 

Tiongkok, Indonesia


Keenambelas negara peserta yang lolos ke final sudah dibagi ke dalam empat pot berbeda, nantinya akan diundi ke dalam empat grup berbeda. Indonesia diperkirakan akan masuk pot empat mengingat ini merupakan kali pertama Garuda Muda tampil di Piala Asia U-23.

Sejauh ini, belum diumumkan kapan pengundian grup akan digelar. Namun jadwal turnamen sudah dipastikan akan berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei 2024. (tim redaksi)


#pialaasiaU23

#timnasindonesia

#garudamuda

#tiketkeolimpiadeparis2024

#sepakbola

#shintaeyong

#ketumPSSI

#erickthohir

Tidak ada komentar