Breaking News

Tokoh Penting Fulham FC, Pemilik Harrods Mohamed Al Fayed Meninggal Dunia pada Usia 94 Tahun

Miliarder Mesir pemilik Harrods Dept Store, Mohamed Al Fayed meninggal dunia. (Istimewa)

WELFARE.id-Kabar duka datang dari miliarder Mesir Mohamed Al Fayed yang meninggal dunia pada usia 94 tahun. Mendiang Al Fayed merupakan tokoh penting di balik kesuksesan Harrods Department Store dan klub sepak bola Liga Inggris Fulham.

Kematiannya terjadi hampir 26 tahun setelah kecelakaan mobil di Paris yang menewaskan putra sulungnya, Dodi Al Fayed dan sang kekasih Putri Diana atau Princess of Wales, pada 31 Agustus 1997. Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Fulham FC terkait Mohamed Al Fayed meninggal, seperti juga dikutip dari The Guardian, Sabtu (2/9/2023), keluarganya mengatakan: "Nyonya Mohamed Al Fayed, anak dan cucunya ingin mengkonfirmasi bahwa suami tercinta, ayah, dan kakek mereka, Mohamed, telah meninggal dunia dengan damai di usia tua pada Rabu 30 Agustus 2023," tulis pernyataan resmi keluarga.

"Dia menikmati masa pensiun yang panjang dan memuaskan, dikelilingi oleh orang-orang yang dicintainya. Keluarga telah meminta privasi mereka dihormati saat ini," tulis mereka lagi.

Mengutip BBC, Sabtu (2/9/2023), ayah mendiang Dodi Al Fayed, mantan kekasih Putri Diana ini lahir di Alexandria, Mesir, tahun 1929. Al Fayed memulai bisnisnya dengan berjualan minuman soda di jalanan Kota Alexandria.

Namanya mulai mencuat setelah dia menikah dengan Samira Khassogi, saudara perempuan jutawan pedagang senjata Adnan Khashoggi, yang mempekerjakannya dalam bisnis impor Arab Saudi.  Peran tersebut membantunya memiliki koneksi baru di Mesir. 

Meskipun pernikahan tersebut hanya berlangsung kurang dari dua tahun, Al Fayed kemudian meluncurkan bisnis pelayarannya sendiri. Pada tahun 1960-an, Al Fayed selalu berurusan dengan semua orang mulai dari syekh Arab hingga Papa Doc Duvalier, diktator terkenal di Haiti. Kemudian, dia mendirikan perusahaan pelayarannya sendiri di Mesir dan menjadi penasihat keuangan Sultan Brunei.

Kemudian, ia pindah ke Inggris pada 1974 dan menambahkan "Al" pada namanya. Pada tahun 1979, Al Fayed bersama saudaranya Ali membeli Hotel Ritz di Paris. 

Enam tahun kemudian, ia mengalahkan kelompok Lonrho dalam persaingan untuk membeli Harrods Department Store. Selain itu, miliarder Mesir ini juga pernah memiliki klub sepak bola tertua di London, Fulham. 

Ia membeli klub tersebut saat tengah terpuruk di liga-liga bawah Inggris. Para penggemar Fulham berterima kasih kepada Al Fayed karena investasinya di klub sehingga berhasil membawa Fulham keluar dari kelesuan menuju Liga Premier dan final kompetisi Eropa. 

Pada 2013, Fayed menjual klub tersebut kepada pengusaha miliarder Shahid Khan. "Atas nama semua orang di Fulham Football Club, saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga dan teman-teman Mohamed Al Fayed atas berita kematiannya pada usia 94 tahun," tulis Khan.

Menurutnya, kisah Fulham tidak dapat diceritakan tanpa satu bab pun tentang dampak positif dari Al Fayed sebagai ketuanya. Warisannya akan dikenang dalam promosi kami ke Premier League, final Liga Europa, dan momen-momen ajaib dari para pemain dan tim.

"Saya selalu menikmati waktu saya bersama Al Fayed, yang bijaksana, penuh warna, dan berkomitmen terhadap Fulham, dan saya selamanya berterima kasih atas kepercayaannya kepada saya untuk menggantikannya sebagai ketua pada tahun 2013," kenangnya lagi.

"Saya bergabung dengan pendukung kami di seluruh dunia dalam merayakan kenangan Mohamed Al Fayed, yang warisannya akan selalu menjadi inti tradisi kami di Fulham Football Club," tutupnya.

Menurut data Forbes, kekayaan bersih Al Fayed sebesar USD2 miliar. Ia diketahui memiliki sejumlah bisnis lain seperti Punch Magazine, Kurt Geiger, blok apartemen mewah Hyde Park Residence di London, hingga gedung pencakar langit Manhattan 75 Rockefeller Plaza. (tim redaksi)


#mohamedalfayedmeninggaldunia

#kabarduka

#miliardermesirtutupusia

#pemilikharrodsmeninggaldunia

#mohamedalfayed

#calonmertuamendiangladydiana

#fulhamfc

#klubsepakbolafulham 

Tidak ada komentar