Breaking News

Tarik Menarik Ganjar-Prabowo, Berebut Sosok Ridwan Kamil untuk Bakal Cawapres?

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Istimewa/ Dok.jabarprovgoid)

WELFARE.id-Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto baru saja menjamu Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil. Pertemuan digelar di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara 4, Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Kehadiran mantan Gubernur Jawa Barat itu, terkait dengan kemungkinan Partai Gerindra mempertimbangkan sosok Ridwan Kamil menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Prabowo di pilpres 2024. "Pak Ridwan Kamil namanya baik dan harum. Semua dipertimbangkan sebagai kemungkinan," ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono dalam keterangannya, Kamis (14/9/2023).

Pertemuan Rabu malam itu, kata Budisatrio, merupakan silaturahmi antara Prabowo dan Ridwan Kamil. Prabowo diberikan cilok dari Bandung oleh Ridwan Kamil.

"Mereka makan malam bersama di ruang makan dan dapur Kartanegara, dibawain oleh-oleh cilok dari Bandung," kata Budi. Menurut Budi, Prabowo dan Ridwan Kamil memiliki kesamaan. 

Keduanya sama-sama merupakan warga Jawa Barat. Ridwan Kamil merupakan gubernur Jawa Barat yang baru purnatugas.

"Pak Ridwan Kamil merupakan kader Golkar yang juga bagian dari Koalisi Indonesia Maju yang baru saja purnatugas sebagai gubernur Jawa Barat. Kebetulan Pak Prabowo juga warga Jabar," imbuhnya.

Lalu, apakah Ridwan Kamil akan menjadi cawapres? Kata Budi, nama-nama kandidat yang akan menjadi cawapres Prabowo masih dimatangkan para ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

"Pada saatnya pasti akan diumumkan," janjinya. Diketahui, Prabowo Subianto telah diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, dan PBB untuk maju di pilpres 2024 menjadi bakal capres.

Mengenai kemungkinan Kang Emil-sapaan akrab Ridwan Kamil, bersanding dengan Prabowo di Pilpres 2024 nanti, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani tidak menampik. Ia mengakui mantan Gubernur Jawa Barat itu sebagai salah satu tokoh yang diperhitungkan oleh Koalisi Indonesia Maju, untuk mendampingi Prabowo. 

"Saya sudah bicara di sini tempo hari, kemungkinan Pak Ridwan Kamil, insyaallah. Dalam arti, terbuka peluang itu," kata Muzani, dikutip Kamis (14/9/2023). Disinggung mengenai kemungkinan pula Ridwan diusung oleh Ganjar, Muzani tak mempermasalahkannya. 

Ia menilai dua koalisi sedang saling melirik dalam menimbang Ridwan yang merupakan kader Golkar itu. Sementara itu, Ridwan Kamil yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar tengah dipertimbangkan oleh PDIP untuk menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto angkat suara soal kabar mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau RK ditawarkan menjadi cawapres Ganjar saat bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri baru-baru ini. Hasto menampik kabar tersebut. Ia menyebut, pertemuan RK dan Megawati hanya membahas soal pembangunan monumen Presiden pertama RI Sukarno di Jawa Barat .

"Pertemuan dengan RK membahas beberapa hal penting terkait monumen Bung Karno. Karena RK mampu menggelorakan seluruh gelora perjuangan Bung Karno. Menggelorakan semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air. Dan pertemuan itu sudah biasa dilakukan dan merupakan bagian tradisi silaturahmi," kata Hasto kepada wartawan, dikutip Kamis (14/9/2023).

Ia menjelaskan, nama-nama yang kerap muncul dalam hasil survei cawapres selama ini sebagai suara dari masyarakat. Namun, ia mengatakan nama-nama tersebut statusnya baru bakal cawapres, bukan cawapres.

Ia meyakini, Megawati nantinya akan mencermati suara masyarakat yang tertuang dalam pelbagai hasil survei tersebut. "Apakah dimungkinkan muncul nama nama di luar yang sudah beredar, secara empiris pada tahun 2019 lalu muncul nama-nama yang berbeda," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengklaim Ridwan Kamil sempat ditawari sebagai bakal cawapres Ganjar saat bertemu Megawati. Doli mengatakan RK--yang kini Waketum Golkar--dianggap sebagai sosok yang bisa memperkuat Ganjar di Jawa Barat. 

Mengenai hal itu juga diakuinya, sudah dilaporkan RK kepada Ketua Umum Airlangga Hartarto. "Waktu itu disampaikan bahwa Pak RK diundang oleh Bu Megawati kemudian ditawarkan jadi wakil presiden," kata Doli di Kompleks Parlemen, Jakarta, dikutip Kamis (14/9/2023). (tim redaksi)


#mencaricawapresprabowo

#mencaricawapresganjar

#ridwankamil

#partaigolkar

#prabowosubianto

#partaigerindra

#PDIP

#ganjarpranowo

#megawatisoekarnoputri

Tidak ada komentar