Breaking News

Pecahkan Rekor Dunia, Sajian "Kiwami Omakaze" Bertabur Daun Emas Jadi yang Terlezat dan Termahal

Hidangan sushi mewah. (Ilustrasi/ net)

WELFARE.id-Sebuah restoran di Osaka, Jepang, Sushi Kirimon, berhasil menciptakan menu sushi termahal di dunia. Tak hanya lezat dan menggiurkan, menunya "Kiwami Omakase" jadi yang termahal di dunia. 

Terdiri dari 20 potong sushi, sajian lezat berkelas itu, dibanderol seharga USD2.475 atau Rp37 juta. Harga demikian, menjadikannya sushi termahal di dunia. 

Melansir laman Gleevers, Selasa (12/9/2023), rekor sebelumnya dibuat pada 2010 oleh koki Angelito Araneta Jr. Sang chef mempersembahkan lima potong nigiri yang dihiasi berlian dan dibungkus dengan daun emas 24 karat seharga USD1.978 atau Rp30 juta. 

Sajian pemecah rekor, Sushi Kirimon, dibuat menggunakan teknik dan metode tradisional. Menggunakan bahan-bahan yang dipilih dengan cermat dari seluruh Jepang.

Restoran ini menciptakan hidangan ini untuk mempromosikan Washoku (masakan tradisional Jepang). Melansir Guinness World Records, Selasa (12/9/2023), hidangannya sebagian besar terdiri dari potongan nigiri, yaitu ikan mentah yang diiris tipis dan diletakkan di atas bola nasi. 

Ada juga beberapa potong sashimi (ikan mentah tanpa nasi) dan dua potong maki (irisan sushi gulung). Setelah semua potongan sushi terkumpul di atas piring, taburan daun emas ditambahkan sebagai sentuhan akhir. 

Ikan-ikan tersebut bersumber dari seluruh Jepang. Misalnya, tilefish berasal dari Oita, yang terletak di pulau paling selatan Kyushu di Jepang; udang kancing berasal dari pulau paling utara Hokkaido; ikan shinko berasal dari Shizuoka, yang terletak di pesisir selatan pulau utama Honshu di Jepang; dan udang windu berasal dari Awaji, sebuah pulau kecil yang terletak di antara Pulau Honshu dan Shikoku.

Nasi yang digunakan untuk nigiri berasal dari prefektur Akita, terletak di sisi barat laut Honshu. Sedangkan nasi yang digunakan untuk sushi gulung adalah campuran nasi Akita dan nasi Tsuyahime dari prefektur Yamagata. 

Cuka sushi yang digunakan dalam nasi adalah campuran cuka tua dari Tokyo dan Chiba. Beberapa bahannya berasal dari luar Jepang, seperti jamur matsutake dari Tiongkok, truffle hitam dari Italia, dan daging ikan paus dari Samudera Atlantik Utara. (tim redaksi)


#sushikirimon

#sushitermahaldidunia

#bahanpilihan

#bahanpremium

#rekorduniasushitermahal

#makanankhasjepang

#kiwamiomakaze

Tidak ada komentar