Breaking News

Makin Kaya, Pundi Low Tuck Kwong Nyaris Rp400 Triliun, Intip Sumber Kekayaan Selain BYAN

Low Tuck Kwong. (Istimewa/ Dok.Forbes Indonesia)


WELFARE.id-Disebut sebagai raja batu bara, kekayaan Low Tuck Kwong akhir Agustus mencapai USD26,1 miliar atau setara dengan Rp398,7 triliun.  Perusahaan tambang batu bara yang didirikannya bermula di Indonesia sejak 1973. 

Sebelum mendirikan perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources, Tbk, pria kelahiran Singapura, 1948 itu sebelumnya meneruskan jejak sang ayah dengan mendirikan perusahaan konstruksi.

Nama perusahaan itu, PT Jaya Sumpiles Indonesia (JSI) sebagai kontraktor pekerjaan tanah, pekerjaan umum, dan struktur kelautan. Pada era 1980-an dan 1990-an, JSI menjadi perusahaan kontraktor terkemuka di Indonesia.  

JSI pun mulai merambah ke pertambangan batu bara kontrak dan menjadi kontraktor tambang terkemuka di tahun 1988. Di mana pada tahun tersebut, Low Tuck Kwong mengakuisisi PT Gunung Bayan Pratamacoal (GBP) dan PT Dermaga Perkasapratama (DPP).

Perusahaan kontruksi itu berdiri pada tahun 1988 dan mulai terjun ke sektor pertambangan batu bara dan menjadi kontraktor tambang terkemuka hingga saat ini. Tambang batu bara milik Low Tuck Kwong ini berlokasi sekitar 180 kilometer di barat laut Samarinda dan berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 

Tambang miliknya menargetkan produksi lebih dari 60 juta ton per tahun pada 2026. Saat ini, Bayan telah memproduksi batu bara mulai dari batu bara kokas semi lunak, batu bara sulfur ramah lingkungan, hingga batu bara sub-bituminous. 

Melansir laman resmi bayan.com.sg, Jumat (1/9/2023), di bawah kepemimpinan Low Tuck Kwong, Bayan Group dengan cepat bertransformasi menjadi perusahaan tambang batu bara terintegrasi vertikal yang sukses dan bereputasi.

Tak heran, namanya masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia bahkan dunia.  Berdasarkan halaman Forbes, Low Tuck Kwong saat ini masuk dalam urutan 60 besar orang terkaya di dunia. 


Sumber Penghasilan Lain Low Tuck Kwong


Selain Bayan, melansir forbes dan idxchannel, Jumat (1/9/2023), berikut daftar perusahaan yang menjadi sumber penghasilan Low Tuck Kwong:

1.  PT Samindo Resources (MYOH)

Sama seperti BYAN, perusahaan ini bergerak di bidang tambang batu bara. Tercatat Low Tuck Kwong telah menguasai 14,18% atau sekitar 312.776.250 lembar saham Samindo Resources.

Dulunya, perusahaan ini bernama PT Myoh Technology. Namun seiring berkembangnya perusahaan akhirnya Myoah Technology berubah nama menjadi PT Samindo Resources.


2. PT Voksel Electric

Selain perusahaan batu bara, sumber penghasilan Low Tuck Kwong juga diperoleh dari perusahaan Voksel Electric yang bergerak di sektor produksi kabel dan kawat listrik. Untuk perusahaan ini, ia telah menguasai 7,93% atau 329.331.640 lembar saham.


3. The Farrer Park Company 

Perusahaan ini bergerak di bidang perhotelan serta kelompok spesialis medis yang berbasis di Singapura. Low Tuck Kwong menjalankan perusahaan ini dengan sejumlah investor asing. 

Namun, saat ini yang duduk dalam jajaran direksi perusahaan ini bukanlah dirinya, melainkan putrinya yang bernama Elaine Low.  


4. Singapura Methis Energy

Sebelumnya, perusahaan energi terbarukan ini dikenal sebagai Manhattan Resources yang berfokus pada lingkungan dan bertujuan mengurangi emisi karbon. Seperti namanya, perusahaan ini berbasis di Singapura. (tim redaksi)


#PTbayanresourcestbk

#BYAN

#Bayan

#perusahaantambangbatubara

#lowtuckkwong

#pengusahabatubara

#sumberkekayaanlowtuckkwong

#bayangroup

Tidak ada komentar