Breaking News

Jokowi Buka KTT ke-43 ASEAN Bahas 3 Agenda Utama, Dimeriahkan Kehadiran Idol K-Pop Siwon Choi

Presiden Joko Widodo ditengah para pemimpin Asia Tenggara yang hadir dalam KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Selasa (5/9/2023).  (Istimewa/ Dok.indonesia.go.id)

WELFARE.id-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka KTT ke-43 ASEAN Indo-Pacific Forum di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/9/2023). Dalam pembukaan, Jokowi menekankan terdapat tiga agenda utama yang dibahas.

Menurutnya, ASEAN Indo-Pacific forum hadir untuk mengubah rivalitas di Indo-Pacific menjadi kerja sama yang bermanfaat serta membangun habit in corporation menjadi kerja sama yang bermanfaat serta membangun habit of cooperation yang win win formulation tanpa satupun merasa dikucilkan.

Maka dari itu, ada tiga agenda utama yang dibahas dalam pertemuan kali ini. Di antaranya, infrastruktur hijau, rantai pasok yang resilient, serta hilirisasi. "Ekonomi ASEAN akan tumbuh kokoh dari hilirsasi industri dan pembangunan ekosistem Electric Vehicle (EV). Ini adalah contoh konkret membangun rantai pasok kawasan," ungkap Presiden Jokowi dalam pembukaan KTT ke-43 ASEAN Indo-Pacific Forum.

Kedua, pembiayaan berkelanjutan dan inovatif. ASEAN, kata Presiden Jokowi membutuhkan USD29,4 triliun untuk transisi energi dan dibutuhkan skema pembiayaan yang inovatif melalui kemitraan yang profitable dan sustainable.

Ketiga, transformasi digital dan ekonomi kreatif. Presiden Jokowi menyebutkan, ekonomi digital di ASEAN tahun 2030 diperkirakan tumbuh USD1 triliun. Adopsi inovasi digital perlu diperkuat untuk mendukung ekonomi kreatif dan UMKM.

"Saya mengapresiasi dukungan dan kontribusi negara ASEAN dan mitra ASEAN sehingga telah terkumpul 93 proyek kerja sama senilai USD38,2 miliar, dan 73 proyek potensial senilai USD17,8 miliar. Ini mencerminkan komitmen kita to walk the talk membangun Indo-Pacific yang damai stabil dan makmur. Semoga ikhtiar kita memberi manfaat besar bagi rakyat di kawasan dan dunia," harapnya.

Daftar pemimpin ASEAN yang datang dalam KTT ke-43 ASEAN:

9.35: PM Laos Sonexay Siphandone + istri

9.36: PM Kamboja Hun Manet + istri

9.37: Ketua Delegasi Thailand Sarun Charoensuwan

9.40: Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr + istri

9.42: PM Singapura Lee Hsien Loong + istri

9.43: PM Malaysia Anwar Ibrahim + Istri

9.44: PM Vietnam Pham Minh Chinh

9.47: PM Timor Leste Xanana Gusmão

9.49: PM Cook Island Mark Brown

9.51: Presiden Banglades Mohammed Shahabuddin + istri

9.53: Sultan Brunei Hassanal Bolkiah + Pangeran


Dihadiri Artis K-Pop Siwon Choi


Siwon Choi juga hadir sebagai salah satu pembicara dalam KTT ASEAN 2023. Siwon menjadi satu-satunya artis K-pop yang hadir di pertemuan penting para pemimpin negara-negara ASEAN dan sahabat tersebut. 

Alasan di balik kehadiran Siwon adalah karena dia menjabat sebagai Duta Besar Regional untuk UNICEF Asia Timur & Pasifik. UNICEF sendiri merupakan organisasi di bawah Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) untuk urusan anak-anak. 

Siwon hadir sebagai pembicara dalam sesi ASEAN Business & Investment Summit 2023 yang merupakan rangkaian dari KTT ASEAN. "Selamat sore teman-teman. Nama saya Choi Siwon dari Korea Selatan, dan seperti yang Anda tahu, saya adalah laki-laki paling seksi di ruangan ini," katanya, membuka pidatonya.

Dalam lanjutan pidatonya, personel idol K-Pop Super Junior itu membagikan visi agar semua negara dapat menjamin semua anak tumbuh sehat dan aman dari efek perubahan iklim. Siwon juga membagikan visinya tentang ASEAN pada tahun 2045. 

Ia menyoroti peran saling percaya dan pemahaman hubungan antar-manusia. Menurutnya, hal tersebut merupakan fondasi dari bisnis dan investasi internasional.

Idola berusia 37 tahun ini diundang untuk menjadi pembicara dalam rangkaian KTT ASEAN di Jakarta karena ia baru saja diresmikan sebagai duta besar kehormatan untuk peringatan 50 tahun hubungan Indonesia-Korea Selatan. Sebelumnya, melansir dari keterangan resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI), Duta Besar Indonesia di Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto, Siwon juga merupakan Duta Promosi Korea Selatan.

"Choi Siwon ditunjuk sebagai Duta Promosi Korea Selatan untuk memperingati 50 tahun hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan oleh Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Park Jin," tulis keterangan resmi Kemlu RI, dikutip Selasa (5/9/2023). Dengan dilantiknya Siwon sebagai Duta Promosi, Gandi berharap hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan dapat semakin erat.

Kerja sama dengan Indonesia dalam berbagai bidang strategis, termasuk politik dan keamanan, ekonomi dan investasi, serta hubungan antar-manusia. (tim redaksi)


#pembukaanKTTASEAN

#KTTke43ASEAN

#presidenjokowidodo

#tigaprogramstrategis

#siwonchoi

#dutaunicef

#kepalanegaraundangan

Tidak ada komentar