Breaking News

Mahasiswi WNI Tewas di Jepang, Terduga Pelaku Sudah Ditangkap

Pembunuhan. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Seorang mahasiswi bernama Josi Putri Cahayani alias JPC (23) ditemukan tak bernyawa di sebuah apartemen di kawasan Maebashi, Perfektur Gunma, Jepang, Selasa (22/8/2023), sekitar pukul 16.40 waktu setempat. Divisi Hubungan Internasional (Div Hubinter) Polri sendiri memastikan jika terduga pelaku pembunuhan sudah berhasil ditangkap.

"Polisi Jepang sudah berhasil menangkap terduga pelaku pembunuhan terhadap korban JPC," kata Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti kepada wartawan, dikutip Sabtu (26/8/2023). Terduga pelaku ditangkap di salah satu stasiun di Tokyo, Jepang. 

Dia ditangkap Kamis (24/8/2023) sekitar pukul 13.25 waktu setempat. Namun, Krishna belum bisa memastikan apa motif pelaku membunuh korban. 

Sebab, pelaku masih berstatus sebagai terduga pelaku. "Belum dikonfirmasi secara resmi bahwa yang bersangkutan adalah pelaku pembunuhan. Regulasi di Jepang mewajibkan Kepolisian Jepang untuk memeriksa tahap demi tahap," terangnya.

Saat ini, lanjut Khrisna, terduga pelaku masih diduga melakukan penelantaran jenazah. Korban, adalah seorang mahasiswi yang tengah belajar bahasa di Maebashi, Jepang.

Jenazah JPC akan dipulangkan ke Indonesia, sesuai dengan permintaan keluarga. Saat ini, jenazah JPC masih dalam tahap autopsi. 

Menurut keterangan divisi investigasi polisi Gunma, saat ditemukan, tidak ada luka mencolok yang terlihat pada tubuh korban, sehingga diperlukan autopsi untuk mengetahui penyebab kematiannya. "KBRI Tokyo telah berkomunikasi dengan keluarga JPC untuk menginformasikan perkembangan kasus dan proses penanganan jenazah JPC," ujar Dirjen Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha melalui pesan singkat, Sabtu (26/8/2023). 

Dilansir dari laman Mainichi, Sabtu (26/8/2023), disebutkan bahwa penyidik menemukan jasad JPC (23) di sebuah apartemen, usai diketahui hilang kontak sejak 17 Agustus 2023. Selain itu, Josi dikabarkan terakhir bersama kenalannya warga negara Jepang berinisial Keiichiro Kajimura (KK), yang belakangan diketahui memiliki catatan kriminal kasus pembunuhan pada 2017. 

Sejumlah kabar yang beredar menyebut KK pernah membunuh mantan pacarnya. Saat ini, terduga pelaku pembunuhan bernama Keiichiro Kajimura (KK), yang merupakan kenalan Josi, telah ditangkap oleh polisi setempat.

"KBRI akan terus memantau proses hukum terhadap KK dan membantu proses pemulasaraan dan repatriasi jenazah JPC sesuai permintaan keluarga," tuntasnya. (tim redaksi)


#pembunuhanWNIdijepang

#WNI

#korbanmahasiswi

#autopsi

#didugakorbanpembunuhan

#proseshukum

#KBRItokyo

Tidak ada komentar