Breaking News

Hampir 53 Juta Pelajar Punya Tabungan, Dana Terhimpun Nyaris Rp30 Triliun!

Budaya menabung. (Ilustrasi/ Net)


WELFARE.id-Perbankan melihat peluang pasar pelajar sebagai sasaran nasabah produktif. Potensinya luar biasa dan belum tergarap dengan maksimal.

Hal itu terlihat dari data Program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hingga Juni 2023, program tersebut berhasil menyasar 83,24% pelajar di seluruh Indonesia.

Itu artinya, sebanyak 52,73 juta pelajar Indonesia sudah memiliki rekening bank dengan nilai Rp29,13 triliun. Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi menyampaikan, program Kejar terdiri dari dua jenis, yakni simpanan pelajar (Simpel) dan tabungan anak.

"Dari 61 juta pelajar, program Kejar sudah menjangkau 52,73 juta pelajar. Ini luar biasa," ungkap Friderica, dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (23/8/2023).

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra menambahkan, setiap pelajar tentu mempunyai target yang ingin dicapai di masa mendatang. Tabungan adalah salah satu instrumen penting untuk mendukung tercapainya target tersebut.

"Dengan kita menabung, kita punya target, berapa besar mau menabung setiap minggu atau setiap bulan? Berapa besar dalam setahun karena ada kegiatan yang mau dituju? Ini adalah tambahan-tambahan nilai yang kita peroleh dari menabung dengan target dan disiplin yang kuat," ungkap Mahendra.

Di sisi lain, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa memastikan, bahwa setiap tabungan di bank telah dijamin LPS maksimal senilai Rp2 miliar per nasabah di satu bank. "Menabung di bank pasti aman, jangan ditaruh di bawah kasur. Kalau sampai Rp2 miliar saya (LPS, Red) yang jamin. Kalau punya Rp4 miliar, sebar di dua bank. Kalau punya Rp20 miliar, sebar di 20 bank lebih, uang Anda pasti aman saya jamin," tegasnya.

Saat ini, LPS telah menghimpun dana jaminan sekitar Rp210 triliun. Sehingga, tabungan pelajar di bank senilai Rp29 triliun dipastikan aman. (tim redaksi)


#OJK

#LPS

#perbankan

#nasabahpelajar

#programkejarOJK

#budayamenabung

Tidak ada komentar