Breaking News

H-10 Pencoblosan, Kandidat Capres Unggulan Ekuador Fernando Villavicencio Tewas Diberondong Tembakan Usai Berkampanye

Kandidat Capres Ekuador Fernando Villavicencio tewas ditembak saat tengah berkampanye di hadapan pendukungnya, Rabu (9/8/2023) waktu setempat.  ( Istimewa/ AP)


WELFARE.id-Malang benar nasib kandidat calon presiden (capres) Ekuador, Fernando Villavicencio. Tidak ada yang menyangka, saat ia tengah berkampanye di hadapan pendukungnya, Rabu (9/8/2023) waktu setempat justru menjadi hari terakhir hidupnya.

Melansir BBC, Kamis (10/8/2023), Villavicencio tewas setelah ditembak oleh orang tak dikenal di tengah kerumunan massa di Quito, kemarin. Ia yang juga anggota parlemen Ekuador itu meregang nyawa sesaat usai ambruk ke tanah diterjang timah panas. 

Seorang anggota tim kampanye menjelaskan kepada media lokal detik-detik penembangkan Villavicencio, ketika sang capres hendak masuk ke dalam mobil. Tanpa diduga oleh pengawal Villavicencio, seorang pria melangkah maju dan menembak kepalanya.

Kematiannya lantas dikonfirmasi di media sosial oleh Presiden Ekuador Guillermo Lasso. Ia mengonfirmasi kematian Villavicencio melalui kicauan di X (media sosial dahulu Twitter). 

"Marah dan kaget dengan pembunuhan calon presiden Fernando Villavicencio. Solidaritas dan belasungkawa saya kepada istri dan putrinya," ucap Lasso, dikutip Kamis (10/8/2023).

Sejumlah foto dan video detik-detik penembakan Villavicencio beredar luas di media sosial. Dalam salah satu video, terlihat Villavicencio yang mengenakan kacamata dan kaos serta rompi serba biru dongker dan celana khaki keluar dari tempat kampanye dan hendak memasuki mobil.

Villavicencio terlihat dikawal dengan sejumlah petugas keamanan di antara kerumunan pendukung. Saat Villavicencio memasuki mobil, terdengar suara deru tembakan sebanyak enam kali hingga seluruh orang panik dan merunduk. 

Sejak itu, kejadian tidak begitu jelas lantaran video terputus. AFP melaporkan, Villavicencio sempat dibawa ke rumah sakit. 

Meski begitu, nyawa politikus 59 tahun itu tidak tertolong. Fernando Villavicencio merupakan satu dari delapan kandidat presiden dalam pemilu yang akan berlangsung 20 Agustus mendatang. 

Salah satu kandidat merupakan eks Presiden Otto Sonnenholzner. Sebelum berkiprah di politik, Villavicencio merupakan aktivis dan jurnalis. 

Villavicencio merupakan capres yang diunggulkan dalam pemilu Ekuador kali ini. Ia sempat menjadi anggota parlemen sejak 2017. Saat menjadi aktivis, Villavicencio terkenal kerap mengkritik pemerintahan Rafael Correa. (tim redaksi)


#capresekuadortewasditembak

#fernandovillavicenciotewas

#eksanggotaparlemen

#mantanaktivisdanjurnalis

#kandidatcapresekuador

#jelangpemilihanpresidenekuador

Tidak ada komentar