Breaking News

Buntut "Mbalelo" Dukung Prabowo Subianto, PDIP Pecat Budiman Sudjatmiko

Budiman Sudjatmiko. (Istimewa/ net)


WELFARE.id-Budiman Sudjatmiko akhirnya resmi dipecat partai berlambang banteng tempatnya bernaung selama ini. Pemecatan eks aktivis 1998 itu adalah buntut dukungannya kepada Calon Presiden (Capres) dari Gerindra Prabowo Subianto.

Padahal, sudah diketahui bahwa PDIP resmi mengusung kader mereka Ganjar Pranowo sebagai Capres dalam kontestasi Pemilu 2024. Sikap "mbalelo" Budiman akhirnya disambut sanksi keras berupa pemecatan.

Budiman mengaku sudah menerima surat sanksi pemecatannya dari PDI Perjuangan (PDIP), Kamis (24/8/2023). Surat tersebut diterima saat Budiman sedang tidak di rumah.

"Sudah, sudah (menerima). Iya benar (pemecatan)," kata Budiman kepada wartawan, dikutip Jumat (25/8/2023).

Ia menjabarkan, surat tersebut ditandatangani secara langsung oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. "(Surat diteken) Ibu Megawati dan Pak Sekjen Hasto Kristiyanto. Diterima oleh putri saya yang kebetulan waktu kecil dikasih nama oleh Ibu Megawati," akunya.

Lebih lanjut, Budiman mengaku belum ada komentar mengenai adanya surat sanksi pemecatan tersebut. "Nggak ada komentar. Saya cuma mau bilang bahwa saya sudah menerima suratnya dan terima kasih untuk semuanya," lanjutnya.

Menurutnya, adanya pemecatan tersebut merupakan akhir dari salah satu episode dalam hidupnya. "Ini adalah akhir dari satu episode dalam hidup saya dan saya tentu akan memulai episode berikutnya. Bagian dari perjalanan panjang saya sebagai manusia politik sejak saya remaja dan ya akan mencoba terus mengalir bersama sejarah saja, bersama waktu ya," ujarnya berfilosofi.

Lebih lanjut, Budiman menegaskan, jika dirinya akan terus berupaya berkontribusi positif bagi Indonesia yang lebih baik dengan sumbangan kecil. Di sisi lain, Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun menyampaikan, jika sanksi pemecatan tersebut atas rekomendasi dirinya. 

Rekomendasi itu setelah pihaknya menggelar sidang komite disiplin pada Senin lalu. "Sidang Komite Disiplin sudah mengeluarkan Rekomendasi kepada DPP sejak Hari senin," tuturnya.

Dalam surat yang disampaikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, terlihat ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan juga Sekjen Hasto Kristiyanto. Pada salah satu poinnya, menyebutkan bahwa Budiman mendapat sanksi organisasi berupa pemecatan.

"Memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Sdr. Budiman Sudjatmiko, M.A. M.Phil. dari keanggotaan Partai Demokrati Indonesia Perjuangan," bunyi salah satu poin surat tersebut. (tim redaksi)


#budimansudjatmikodipecatdariPDIP

#PDIPpecatbudimansudjatmiko

#eksaktivis1998

#budimansudjatmiko

#budimansudjatmikodukungprabowo

#capresprabowosubianto

#pemilu2024

#PDIP

Tidak ada komentar