Breaking News

Trotoar Cipete Raya Dibongkar Ilegal, Bina Marga DKI Jakarta Buka Suara

Trotoar untuk pejalan kaki. (Ilustrasi/ net)

 WELFARE.id-"Begal" trotoar terjadi di Jalan Cipete Raya, Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Trotoar itu dibongkar asal-asalan secara ilegal.

Melansir kompascom, Sabtu (15/7/2023), pemandangan trotoar yang terbongkar dengan tidak rapi tersebut terlihat kemarin. Trotoar itu dibongkar oleh pihak gedung yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

Namun, pihak gedung itu ternyata belum mengantongi izin untuk pembongkaran trotoar.  Belum diketahui apa peruntukan gedung tersebut. 

Trotoar yang sudah dibongkar itu tepatnya persis berdekatan dengan gerbang gedung. Beton trotoar yang telah dibongkar itu berukuran sekitar 1x3 meter.  

Panjang dari pintu gerbang gedung berwarna abu-abu itu sama dengan ukuran trotoar yang dibongkar. Di lokasi itu, terlihat sisa material bangunan. 

Terdapat beberapa hebel dan pasir di samping trotoar yang dibongkar. Di samping trotoar yang dibongkar diduga secara ilegal itu, terdapat dua pria mengenakan baju safari berwarna cokelat. 

Kedua orang itu berada di sekitar gedung yang dibangun. Salah satu dari dua pria itu menyebut bahwa pembongkaran trotoar telah mengajukan izin.

"Itu urusan dalam. Izinnya (trotoar dibongkar) lagi diurus," kata pria tersebut. Warga setempat menyebut, pembongkaran trotoar dilakukan oleh beberapa orang sejak Kamis (13/7/2023). 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo mengonfirmasi bahwa pembongkaran trotoar itu belum mendapatkan izin. "Sudah disampaikan ke pemilik bangunan (gedung) untuk mengurus izin inritnya ke PTSP," ujar Heru.

Ia menegaskan, pembongkaran sebagian trotoar di kawasan Cipete Raya itu telah dihentikan seiring menunggu izinnya keluar. "Di lapangan itu sudah kita stop kegiatan itu," tegasnya. 


Prosedur Bongkar Trotoar


Melansir laman resmi sippn.menpan.go.id, Sabtu (15/7/2023), berikut prosedur dan mekanisme bongkar trotoar untuk keperluan pribadi:

  • Pemohon mengajukan Surat Permohonan Rekomendasi Teknis Pembongkaran Trotoar untuk Akses Keluar Masuk
  • Pengecekan Berkas Permohonan Rekomendasi Teknis Pembongkaran Trotoar untuk Akses Keluar Masuk
  • Pemrosesan Berkas Permohonan
  • Survey / Tinjau Lokasi Pembongkaran Trotoar untuk akses keluar masuk
  • Proses hasil survey / tinjau lokasi
  • Membuat Gambar Teknis Pembongkaran Trotoar untuk akses keluar masuk
  • Penerbitan Surat Rekomendasi beserta Lampiran Gambar Teknis. (tim redaksi)


#pembongkarantrotoarilegal

#trotoarcipeterayadibongkar

#izinpembongkarantrotoar

#cipeteraya

#jakartaselatan

#izinPTSP

Tidak ada komentar