Breaking News

Terasa 4 Detik, Gempa Berkekuatan M 5,7 di Pacitan Tak Berpotensi Tsunami

 
Alat pendeteksi gempa bumi. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Jawa Timur (Jatim), Minggu (23/7/2023) malam. Gempa berkekuatan magnitudo 5,7 terjadi di barat daya Pacitan, Jatim.

Guncangan terjadi pada pukul 19.34 WIB itu dan terasa hingga ke Jogjakarta. Mengutip dari Twitter resmi BMKG, Senin (24/7/2023), kekuatan guncangan gempa tercatat pada magnitudo 5,7 di kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa Pacitan terletak pada koordinat 8,89 derajat Lintang Selatan dan 111 derajat Bujur Timur. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 79 kilometer arah barat daya Kota Pacitan, Jawa Timur, dengan kedalaman 42 kilometer.

Gempa kali ini cukup kuat dirasakan, setelah peristiwa yang terjadi tepat di wilayah Bantul pada 30 Juni 2023 lalu. BMKG mencatat, gempa bumi pada akhir Juni 2023 terjadi sekitar 8 detik lebih.

Sementara gempa yang terjadi kemarin, terasa hanya 3-4 detik.  Karena pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer, gempa bumi tersebut dilaporkan tak berpotensi tsunami.

Gempa tektonik dangkal kali ini terjadi karena aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme geser naik," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, dalam keterangan resminya, dikutip Senin (24/7/2023).

Ia menuturkan, berdasarkan hasil pemantauan hingga pukul 19.55 WIB belum ada aktivitas gempa bumi susulan di wilayah tersebut. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan terkait kerusakan infrastruktur yang ditimbulkan akibat gempa. 

Meski demikian, BMKG meminta warga untuk berhati-hati terhadap lindu susulan yang mungkin terjadi. (tim redaksi)


#gempabumipacitan

#gempadipacitanjawatimur

#pacitanjatim

#gempabumi

#gempa

#BMKG

Tidak ada komentar