Breaking News

Senior Partai Golkar "Gerah" dan Kompori Ganti Ketum, Airlangga: Tidak Akan Ada Munaslub!

 
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Istimewa/ Dok.Tvonenews.com)


WELFARE.id-Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan bahwa tidak akan ada Musyawarah Nasional Luar Biasa atau Munaslub di Partai Golkar. Hal itu dikatakan oleh Airlangga merespons munculnya kabar bahwa akan ada Munaslub di internal Partai Golkar. 

"Tidak ada, Tidak akan ada (Munaslub Partai Golkar)," tegas Airlangga kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Airlangga mengatakan, apabila ada pihak-pihak yang ingin mencalonkan diri sebagai pimpinan partai Golkar, maka ada mekanismenya sendiri. Menurutnya, sosok tersebut harus menunggu Musyawarah Nasional (Munas) pada 2024 mendatang. 

"Munas 2024, silakan kalau berminat jadi Ketua Umum Golkar ke 2024," kata Airlangga. Politisi Golkar yang juga menjabat sebagai Menko Perekonomian itu menambahkan, mengenai sikap politik Partai Golkar dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, itu sudah diputuskan lewat rapat kerja nasional (rakernas) Golkar pada Juni 2023. 

Sehingga menurutnya itu sudah selesai dan tak perlu diperdebatkan lagi. "Kita sudah rakernas dan itu selesai, mekanismenya selesai," tegasnya lagi.

Sebagaimana diketahui, dalam Munas X Golkar tahun 2019 menetapkan keputusan bahwa sikap Partai Golkar terhadap Pemilu 2024, menyebutkan Partai Golkar memberikan mandat penuh kepada Ketua Umum terpilih untuk menetapkan capres atau cawapres. Pasal 1, menerima usulan agar Partai Golongan Karya mengusung kader terbaiknya sebagai Calon Presiden dan/atau Calon Wakil Presiden pada Pemilihan Umum Tahun 2024. 

Pasal 2, memberikan mandat penuh kepada Ketua Umum terpilih untuk menetapkan Calon Presiden dan/atau Calon Wakil Presiden dan menentukan momentum serta strategi yang tepat dalam melakukan persiapan menghadapi Pemilihan Presiden Tahun 2024. Selain itu, Dewan Pembina Partai Golkar jauh-jauh hari sudah menyampaikan tiga butir rekomendasi untuk DPP Partai Golkar. 

Pertama, meminta DPP Partai Golkar mencalonkan Ketua Umum sebagai Presiden atau Wakil Presiden sesuai amanat Munas 2019. Karena Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto adalah kader terbaik Partai Golkar saat ini. 

Munas X Partai Golkar 2019  Kedua, mempertimbangkan agar pasangan Airlangga Hartarto dalam Pilpres 2024 harus memiliki dampak elektoral kepada caleg-caleg Partai Golkar. Ketiga, meminta DPP mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa Golkar adalah partai tengah yang tak menghendaki negara ini dibawa ke kiri atau ke kanan.

Seperti diketahui, rumor adanya potensi Munaslub berhembus, usai sejumlah politisi senior Partai Golkar yang  mengatasnamakan diri mereka eksponen pendiri Partai Golkar menggelar jumpa pres. Mereka, diprakarasai Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Sentral Organisasi Karyawan Swadiri (Soksi) Lawrence TP Siburian, Anggota Dewan Pakar Golkar Ridwan Hisjam, dan politikus senior Golkar Zainal Bintang. 

Pada kesempatan tersebut, Lawrence mengatakan, pernyataan sikap tersebut dilakukan, karena sebagai senior, mereka melihat arah Golkar menjelang Pemilu 2024 tidak jelas. Ia menilai, hanya Partai Amanat Nasional (PAN) yang berpeluang berkoalisi dengan Golkar. 

"Kami sudah tahu kok, tinggal PAN yang bisa berkoalisi. (Elektabilitas) PAN punya 7 persen, Golkar punya 14 persen, kalau digabung 21 persen,” kata Lawrence. 

Ia juga sadar, jika ingin maju Capres dengan hanya koalisi dua partai itu sudah dipastikan kalah. "Sejuta persen pasti kalah," akunya.

Namun, ia menilai, Airlangga yang dipilih sebagai bakal calon presiden Golkar untuk Pemilu 2024, tak kunjung bergerak. "Apakah ada orang yang mau maju capres-cawapres buang uang? Enggak ada. Buang itu triliunan lho,” kata Lawrence. 

Oleh karena itu, eksponen pendiri Partai Golkar mendorong agar segera dilakukan Rapimnas, lalu Munaslub. "Menggantikan Pak Airlangga dari Ketua Umum Partai Golkar untuk kebesaran dan kemajuan Partai Golkar,” tegasnya. (tim redaksi)


#gonjangganjingpartaigolkar

#ketuaumumpartaigolkar

#airlanggahartarto

#isumunaslub

#arahgolkardipilpres2024

#pemilu2024

#seniorpartaigolkar

Tidak ada komentar