Breaking News

Salip-salipan, Posisi Orang Terkaya RI Low Tuck Kwong Digeser Pemilik BCA Lagi

 

Konglomerat batu bara Low Tuck Kwong. (Istimewa/ net)


WELFARE.id-Kekayaan konglomerat Indonesia sering mengalami fluktuasi yang signifikan dalam waktu yang relatif singkat. Hal itu terlihat dari posisi daftar orang terkaya yang selalu di-update Forbes.

Seperti Kamis (20/7/2023), konglomerat batu bara yang sempat bertahan cukup lama sebagai orang terkaya RI, kini turun pangkat jadi yang kedua. Imbas harga batu bara yang tak menentu, membuat pundi-pundi kekayaan Low Tuck Kwong juga naik turun.

Melansir data Forbes terbaru, raja batu bara Indonesia Low Tuck Kwong yang sempat berada di urutan pertama, Senin (17/7/2023) ternyata kini berada di urutan kedua. Bahkan, yang kian menyita perhatian, posisi Dewi Kam sebagai pengusaha wanita satu-satunya naik peringkat ke urutan delapan dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, menyalip bos Alfamidi, yaitu Djoko Susanto.  

Sementara itu, bos Grup Harita Lim Hariyanto Wijaya Sarwono harus terdepak dari posisinya kedelapan menjadi urutan kesepuluh. Lim mengalami penurunan kekayaan sebesar 2,91 persen atau USD121 juta yang setara dengan Rp1,8 triliun. 


Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia per 20 Juli 2023:  


1. Robert Budi Hartono - Rp396,3 Triliun   

Sebagai pemilik Bank Central Asia (BCA) dan Grup Djarum lainnya, Robert menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia dengan harta mencapai USD26,4 miliar atau Rp396,3 triliun.  


2. Low Tuck Kwong – Rp393,2 Triliun   

Sebagai bos PT Bayan Resources Tbk. (BYAN), harta Low Tuck Kwong terus berfluktuasi. Kini, sosoknya menempati posisi kedua sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan yang dimilikinya adalah USD26,2 miliar atau setara dengan Rp393,2 triliun. 


3. Michael Hartono - Rp378,4 Triliun  

Posisi ketiga dihuni oleh Michael Hartono yang menjalani bisnis serupa dengan Robert. Sama seperti sang saudara, total kekayaan Michael Hartono naik tipis dari yang awalnya mencapai USD25,2 miliar atau sekitar Rp378,4  triliun kini menjadi USS25,5 miliar atau Rp382,3 triliun.  


4. Sri Prakash Lohia - Rp108,1 Triliun  

Sri Prakash Lohia merupakan pengusaha tekstil dan petrokimia terbesar di Indonesia. Pria kelahiran India ini memiliki kekayaan sekitar USD7,2 miliar atau Rp108,1 triliun.  


5. Prajogo Pangestu - Rp93,1 Triliun  

Sebagai pendiri dan pemilik dari Barito Group, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang petrokimia, energi panas bumi dan properti, Prajogo mempunyai kekayaan bersih sekitar USD6,2 miliar atau Rp93,1 triliun.  


6. Tahir dan Keluarga - Rp75,1 Triliun  

Sebagai pendiri dari Mayapada Group, Tahir memiliki total kekayaan sekitar USD5 miliar atau sekitar Rp75,1 triliun yang berasal dari beragam bidang, seperti perbankan, kesehatan, dan real estat. Kabar terbaru menyebutkan Bank Mayapada (MAYA) telah mendapatkan suntikan dana Rp3 triliun dari Dato' Sri Tahir selaku pemegang saham pengendali. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, suntikan dana itu akan mampu mendongkrak kinerja keuangan bank. 


7. Chairul Tanjung – Rp75,1 Triliun 

Sosok pemilik CT Group dengan bisnis yang bergerak di perbankan, jaringan ritel hingga stasiun TV terus mempertahankan posisinya. Dengan konsisten berada di urutan keenam orang terkaya, kekayaannya mencapai USD5 miliar atau Rp75,1 triliun  


8. Dewi Kam - Rp64,5 Triliun  

Jika, sebelumnya Dewi Kam berada di posisi terakhir dalam jajaran 10 orang terkaya di Indonesia. Per 20 Juli 2023, posisinya melesat ke nomor delapan. 

Dewi Kam mendapatkan sebagian besar kekayaannya berasal dari saham minoritas di perusahaan tambang batu bara Bayan Resources di Indonesia. Saat ini kekayaannya naik drastis menjadi USD4,3 miliar atau setara dengan Rp64,5 triliun dari yang sebelumnya USD3,7 miliar atau Rp55,4 triliun.  


9. Djoko Susanto - Rp63 Triliun  

Djoko kini berada di posisi kesembilan. Sebagai pemilik retail Alfamart, dia memiliki kekayaan sekitar USD4,2 miliar atau Rp63 triliun. Sebelumnya, emiten pengelola Alfamidi miliknya, PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) menargetkan 700 toko baru pada 2023 dan 500 di antaranya adalah tambahan gerai Lawson. 

Ekspansi agresif Lawson ini merupakan strategi lanjutan yang diterapkan sejak semester II/2022.  


10. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono - Rp60 Triliun 

Posisi kekayaan Lim kerap bergeser beberapa kali selama pertengahan tahun 2023. Jika, beberapa minggu lalu, dia berada di urutan kedelapan.   

Melansir dari Forbes, kini Lim dan keluarga harus rela tergeser, sehingga berada di posisi kesepuluh dengan harta USD4 miliar atau Rp60 triliun. Adapun sang anak, Lim Gunawan merupakan Direktur dan CEO Bumitama Agri. 

Di samping itu, Harita Grup milik keluarga Lim Hariyanto juga bergerak di sektor tambang bauksit melalui PT Cita Mineral Investindo, dan nikel melalui PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL). (tim redaksi)


#konglomeratbatubara

#pemilikdjarum

#bosBCA

#lowtuckkwong

#robertbudihartono

#deretanorangterkayaRI

#konglomeratRI

#orangterkayaRIversiforbes

Tidak ada komentar