Breaking News

Rawon Dinobatkan Jadi Sup Terenak di Dunia, Kalahkan Tonkotsu Ramen dan Hot Pot Taiwan

Menu rawon khas Jawa Timur. (Istimewa/ net)

WELFARE.id-Masyarakat Indonesia patut berbangga, karena rawon masuk di urutan teratas dalam daftar sup terenak di dunia. Kekayaan gastronomi Indonesia bahkan diakui terenak, mengalahkan ramen dan hot pot.

Melansir situs panduan wisata kuliner asal Kroasia, Taste Atlas, Senin (31/7/2023), rawon dinobatkan menjadi hidangan berkuah terbaik bulan ini. Masakan berkuah khas Surabaya, Jawa Timur tersebut, sukses mendapatkan skor 4,8 poin. 

Adapun, capaian tersebut berdasarkan penilaian Taste Atlas yang diberikan oleh komunitas pembaca mereka dari skala 1-5 poin. Rawon merupakan makanan olahan dari daging sapi yang kaya bumbu dengan cita rasa rempah yang khas dan menggoyang lidah. 

Salah satu bumbu khas dalam masakan ini adalah kluwek atau kepayang yang memberikan warna kuah hitam khas milik rawon. "Bumbu Indonesia yang tidak biasa ini sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Kluwek digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa yang bersahaja, serta warna hitam gelap yang unik," tulis Taste Atlas.

Mereka juga menyebut, asal-muasal sajian tersebut diyakini dari Kota Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur. Di urutan kedua ada tonkotsu ramen dari Fukuoka Jepang dengan rating 4.7.

Disusul tom kha gai dari Thailand, sopa de lima, taiwanese hot pot, ciorba radauteana, bori-bori, ramen, shoyu ramen, dan yang terakhir ada zurek dari Polandia. Selain memilih rawon sebagai sup terbaik di dunia, mereka juga memberikan rekomendasi beberapa kedai rawon di Indonesia yang memiliki rasa terbaik. 

Salah satunya adalah Rawon Setan di Jl Embong Malang I No 78, Genteng, Surabaya. Rawon Setan menjadi salah satu kedai rawon legendaris yang tak boleh dilewatkan saat ke Surabaya. 

Kedai rawon ini telah berdiri sejak 1990. Menariknya, penamaan Rawon Setan dikarenakan jam bukanya yang hanya saat malam hari. Selain itu, banyak seniman yang telah bertandang ke kedai rawon ini karena kelezatan rawonnya. (tim redaksi)


#kuliner

#kulinersurabaya

#rawon

#rawonsupterbaikversitasteatlas

#rawonsetan

#kluwek

Tidak ada komentar