Breaking News

Protein dan Lemak Cocok Disantap Saat Lelah, Tapi Minuman Ini Big No!

Cheese cake. (Ilustrasi/ net)


 WELFARE.id-Jika kamu sedang kelelahan, hati-hati dalam memilih makanan dan minuman. Salah memilih, bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Pakar Nutrisi Jennie Gough menyarankan, tidak menyantap makanan yang menyedot energi karena itu tentunya bisa memperburuk kondisi. "Makan setiap tiga hingga empat jam sekali dapat membantu mengurangi keinginan makan makanan yang mengandung gula," kata Gough, melansir Women's Health, Sabtu (22/7/2023).

Makanan yang mengandung gula perlu dihindari karena membuat tubuh stres dan merasa lebih lelah. Hal lain yang perlu dihindari adalah minum double espresso.

Mungkin, minuman itu awalnya membantu, tetapi pada akhirnya bisa terlalu menstimulasi, menambah tekanan yang signifikan pada kelenjar adrenal, dan menguras energi vital tubuh.

Aturan yang sama berlaku untuk makanan dan minuman apa pun yang mengandung kafein. Makanan olahan atau gula tinggi seperti kue, cokelat, dan biskuit juga baiknya disetop sementara karena bisa membuat kadar gula darah kacau, memicu kelelahan, kecemasan, dan mengidam.

"Pilih buah dan karbohidrat yang dilepaskan perlahan untuk menjaga tingkat energi lebih stabil," sarannya. Sementara itu, ada sejumlah makanan yang disarankan diasup saat lelah, yakni makanan kaya zat besi, seperti sayuran hijau dan daging merah. 

Bisa juga dengan menyantap butternut squash, beras merah, lentil, buncis, dan makanan dengan karbohidrat lepas lambat lainnya. Opsi berikutnya adalah kacang-kacangan yang merupakan sumber magnesium dan ampuh mengatasi kelelahan. 

Begitu juga sumber mineral, seperti sayuran berdaun hijau dan biji-bijian. Hidangan kalkun pun amat baik karena mengandung vitamin B seperti B6 dan B12. 

Begitu pula serealia seperti gandum dan beras merah. Makanan apa pun yang kaya protein memang dianjurkan, seperti telur atau daging ayam.

Terapis nutrisi Libby Limon menambahkan, gabungan protein dengan lemak sehat adalah cara terbaik memberikan pasokan energi yang berkelanjutan untuk tubuh. "Misalnya, makan telur rebus dengan alpukat atau ikan dengan salad," tuntasnya. (tim redaksi)


#makanansehat

#asupansaatkelelahan

#nutrisidanprotein

#proteindanlemak

#dilarangminumkafein

#dilarangminumgula

Tidak ada komentar