Breaking News

PPATK Blokir 256 Rekening Panji Gumilang, Bareskrim Telusuri Dugaan Penipuan dan TPPU

 

Panji Gumilang. (Istimewa/ net)


WELFARE.id-Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengaku telah memblokir semua rekening terkait pemimpin Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Panji Gumilang. "Semua (diblokir) yang kami analisis. Masih dalam proses semua ya,” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana  kepada wartawan, dikutip Sabtu (8/7/2023).

Pemblokiran tersebut dilakukan dalam rangka proses melakukan analisis. PPATK memprediksi, aliran dana yang keluar masuk di rekening tersebut berjumlah triliunan.

Kepala Biro Humas PPATK M Natsir Kongah juga membenarkan soal adanya pemblokiran terhadap rekening milik Panji. "Rekening yang diblokir sesuai dengan yang disampaikan oleh Pak Mahfud,” kata Natsir.

Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri belum menelusuri temuan PPATK soal transaksi triliunan rupiah yang dimiliki oleh pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang. Transaksi tersebut dicurigai hasil dari penipuan.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Djuhandhani Rahardjo Puro menyatakan, pihaknya masih akan fokus terhadap perkara dugaan penistaan agama dan hoaks yang dilakukan Panji. Djuhandani mengatakan, penyidikan yang berlangsung saat ini adalah perkara yang dilaporkan oleh Pendiri NII Crisis Centre Ken Setiawan dan beberapa laporan lain.

"Sementara kami belum ada kaitan ke situ (dugaan penipuan),” kata Djuhandhani kepada wartawan, dikutip Sabtu (8/7/2023).

Djuhandhani mengatakan, penyidik telah melakukan gelar perkara tambahan kemarin setelah menemukan pidana lain. Adapun pasal tambahan yang dikenakan yakni Pasal 45a ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 tahun 2016 Tentang ITE dan/atau Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana. Dengan pasal ini, Panji terancam penjara 6 tahun di samping Pasal 156 huruf a KUHP yang dilaporkan sebelumnya.

Sementara itu, penyidik Bareskrim hari ini juga sedang memeriksa 14 orang dalam kasus ini. Empat di antaranya diperiksa di Bareskrim, sedangkan 10 lainnya diperiksa langsung di Ponpes Al-Zaytun di Indramayu.

"4 orang saksi ini adalah mantan pengurus di Al-Zaytun,” ulasnya. Sebelumnya, informasi terkait ratusan rekening milik Panji tersebut awalnya disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD. Ia mengatakan, ratusan rekening milik Panji terdaftar dengan enam nama yang berbeda.

"Ya memang, 256 rekening atas nama Abu Toto, Panji Gumilang, Abdussalam. Nama dia itu enam, ada Abu Toto, Panji Gumilang, Abdussalam, pokoknya enam lah,” kata Mahfud, terpisah sebelumnya, Rabu (5/7/2023). (tim redaksi)


#menkopolhukam

#mahfudMD

#panjigumilang

#pimpinanponpesalzaytun

#rekeningpanjigumilangdiperiksa

#PPATK

#adadugaanTPPU

Tidak ada komentar