Breaking News

Partai Ummat Laporkan Kamaruddin Simanjuntak ke Polda Sumut, Diduga Lakukan Penistaan Agama

 
Pengacara Kamaruddin Simanjuntak. (Istimewa/ net)

WELFARE.id-Pengacara Kamaruddin Simanjuntak dilaporkan ke Polda Sumatera Utara (Sumut). Ia dilaporkan oleh Partai Ummat atas dugaan melakukan penistaan agama setelah berkomentar soal kasus Panji Gumilang.

Dugaan penistaan agama itu dilaporkan DPD Partai Ummat Kota Medan, Rabu (26/7/2023) kemarin. Laporan itu diterima dengan nomor: STPL/B/879/VII/2023/SPKT/Polda Sumut.

"Partai Ummat hadir di sini untuk melaporkan saudara Kamaruddin Simanjuntak. Alhamdulillah sudah diterima Polda (laporannya) berkenaan dengan statement Kamarudin Simanjuntak SH. Kita melaporkan yang bersangkutan patut diduga melakukan penistaan, penodaan agama Islam," kata Ketua DPD Partai Ummat Kota Medan Persada di Mapolda Sumut, melansir detiksumut, Kamis (27/7/2023).

Ia mengatakan, laporan itu berangkat dari unggahan video yang dilihatnya di YouTube Al-Zaytun. Saat itu, Kamaruddin terlihat tengah bertemu dengan pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang pada 15 Juli 2023.

Ia menyebut, dalam unggahan itu, Kamaruddin diduga telah menistakan agama. Persada juga turut mengulang pernyataan Kamaruddin sebagaimana dalam video tersebut.

"Nah, semua orang itu mengatakan Panji Gumilang harus dihukum, oh kenapa harus dihukum? Begitu pertanyaan saya. Karena menyatakan bahwa Alquran itu adalah perkataan manusia. Memangnya kalau perkataan manusia kenapa? Emang kau pernah dengar Tuhan berbicara, atau Elohim berbicara?" ujar Persada mengulang pernyataan Kamaruddin.

Video pernyataan Kamaruddin itu juga beredar di media sosial. "Itu yang kita ambil poinnya, inti perkataan terlapor tersebut mengatakan bahwa Alquran merupakan perkataan manusia," ujarnya.

Menurutnya, jika masyarakat mempercayai apa yang dikatakan Kamaruddin, hal itu akan jadi pembenaran. Video pertemuan Kamaruddin Simanjuntak dan Panji Gumilang di Ponpes Al Zaytun tersebut juga sempat diunggah oleh akun TikTok @amnursama sejak Senin (17/7/2023) lalu dan viral di media sosial.

Dalam cuplikan video, Kamaruddin dan tim bermaksud melihat galangan kapal milik Al Zaytun. Panji Gumilang tampak bersemangat menyambut keinginan Kamaruddin.

Setelah melihat semuanya dan mendengar penjelasan Panji Gumilang, Kamaruddin Simanjuntak menyatakan dukungannya untuk Panji yang kini tengah dihadapkan dengan dugaan kasus penistaan agama. Kamaruddin memastikan bahwa isu yang selama ini beredar soal Pesantren Al-Zaytun adalah tidak benar atau hoaks.

"Ada yang bilang ada bunker isi senjata. Maka tadi saya sudah kelilingi semua, tidak ada saya temukan gudang senjata selain tumpukan kayu-kayu jati,” kata Kamaruddin lagi dalam video tersebut.

Terkait adanya bangunan yang diduga bangunan ibadah umat Yahudi, berdasarkan penelusuran Kamaruddin Simanjuntak, itu adalah pabrik air minum milik Ponpes Al-Zaytun. Fakta yang ditemui Kamaruddin dalam kunjungannya itu membuatnya menganggap bahwa masyarakat Indonesia lebih menyukai informasi hoax daripada informasi yang benar.

Terkait soal pelaporan tersebut, Kamaruddin mengaku sudah tahu dan siap jika dipanggil polisi dan mengikuti proses hukumnya. Ia juga membantah keras telah melakukan penistaan agama atas semua pernyataannya saat mengunjungi Pondok Pesantren Al-Zaytun, pimpinan Panji Gumilang di Indramayu, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

"Agama apa yang saya nista?" kata Kamaruddin, melansir wartakotalivecom, Kamis (27/7/2023) soal pelaporan dirinya atas dugaan penistaan agama. Menurutnya,  jika yang dimaksud adalah agama Islam, maka itu sama sekali tidak benar.

"Tidak benar itu, bang," katanya singkat. Sebab kata Kamaruddin apa yang dimaksudnya di dalam video yang beradar hanya menceritakan saja pendapat orang terhadap tudingan penistaan agama ke Panji Gumilang yang menyatakan bahwa Alquran adalah karangan manusia.

"Waktu itu, Prof Dr Panji Gumilang, tidak mau menjawab," katanya. Menurut Kamaruddin, ia sama sekali tidak tahu apa alasan dirinya dianggap telah menistakan agama Islam.

"Nggak tahu saya, tanyakan mengapa pada mereka," imbuhnya.

Yang pasti Kamaruddin mengaku siap menjawab tudingan itu jika dipanggil dan diperiksa pihak kepolisian. "Tentu siap lah," tuntasnya. (tim redaksi)


#kamaruddinsimanjuntak

#videoviral

#kasusdugaanpenistaanagama

#kamaruddinsimanjuntakdilaporkanpartaiummat

#ponpesalzaytun

#panjigumilang

#partaiummat

Tidak ada komentar