Breaking News

Mantan Wamendes Jadi Menkominfo, Budi Arie Setiadi Ketum Relawan Projo

 

Pelantikan menteri dan wakil menteri baru di Istana Negara,  Jakarta, Senin (17/7/2023). (Istimewa)


WELFARE.id-Presiden Joko Widodo melantik sejumlah nama baru untuk masuk ke dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023). Salah satu nama yang jadi sorotan adalah Budi Arie Setiadi yang dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Posisi Menkominfo sebelumnya dijabat sementara oleh Menko Polhukam Mahfud MD setelah Johnny G Plate dinonaktifkan karena tersangkut kasus korupsi proyek BTS dan infrastruktur BAKTI di Kominfo. "Kita ini hanya punya waktu yang sangat pendek, satu setengah tahun kurang. Sehingga saya ingin, yang pertama, di (Kementerian)  Kominfo penyelesaian BTS (base transceiver station) itu harus diutamakan. Penyelesaian hukum silakan berjalan, kita hormati proses hukum, tetapi penyelesaian BTS-nya juga harus tetap berjalan, karena nanti menyangkut pelayanan kepada masyarakat terutama di daerah-daerah terdepan dan tertinggal. Jangan sampai kita sudah ada peristiwa hukum, BTS-nya juga terbengkalai. Ini yang saya enggak mau. Ini tugas beratnya di situ," ucap Presiden Joko Widodo, melansir laman resmi setkabgoid, Senin (17/7/2023).

Jokowi menambahkan, karena kecepatan perubahan dunia ini sekarang sangat ditentukan oleh ICT (information and communications technology), sehingga ia memperkuat Kemenkominfo dengan menambah wamen (wakil menteri). "Kita bantu lagi pakai wamen. Kita bantu lagi dengan satgas. Memang kita waktunya sangat mepet sekali. Ada satgasnya juga nanti," imbuhnya.

Jokowi juga menjelaskan, alasannya tidak mengganti Johnny G Plate dengan politisi Partai Nasdem yang lain. Menurut kepala negara, semuanya dalam tujuan akhir, agar segera bekerja cepat.


Daftar menteri dan wamen yang dilantik hari ini:

Menteri Komunikasi dan Informatika :  Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Luar Negeri : Pahala Nugraha Mansury

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika : Nezar Patria

Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi : Paiman Rahardjo

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I : Rosan Perkasa Roeslani

Wakil Menteri Agama : Syaiful Rahmat

Anggota Wantimpres : Djan Faridz

Anggota Wantimpres : Gandi Sulistiyanto


Profil Budi Arie Setiadi


Budie Arie sebelumnya adalah Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Wamendes). Sebelum masuk Kabinet, Budi Arie adalah Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo), salah satu kelompok relawan terbesar yang mendukung Jokowi sejak 2014 lalu.

Kiprahnya lekat dengan PDI Perjuangan DKI Jakarta. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta (2005-2010) dan juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta. Saat ini, pria 54 tahun itu juga menjadi Dewan Penasihat ILUNI UI. 

Ia diketahui lulus dari Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI tahun 1996. (tim redaksi)


#pelantikanmenkominfobaru

#menkominfobaru

#menkominfobudiariesetiadi

#kabinetjokowi

#presidenjokowi

#presidenjokowidodo

Tidak ada komentar