Breaking News

Longboat Berpenumpang 18 Orang Tenggelam di Kaimana, 5 Tewas dan 1 Masih dalam Pencarian Tim SAR

Tim Basarnas terus melakukan pencarian korban longboat yang tenggelam di perairan Buruwai, Kaimana, Provinsi Papua Barat, Jumat (30/6/2023). (Istimewa)


WELFARE.id-Kecelakaan laut kembali terjadi. Sebuah kapal longboat tenggelam di perairan Buruwai, Kaimana, Provinsi Papua Barat, Jumat (30/6/2023).

Sebanyak 5 orang penumpang tewas tenggelam. Lima jenazah sudah berhasil ditemukan, sedangkan satu orang lagi masih dalam pencarian.

Longboat tersebut mengangkut 18 penumpang. Sementara tim SAR gabungan telah menemukan 12 penumpang dalam kondisi selamat. 

Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika Charles Y Batlajery mengatakan, dari laporan yang diterima awalnya sembilan orang dilaporkan selamat setelah ditolong nelayan yang sedang melintas. "Tim SAR gabungan menerima informasi nelayan menemukan lima korban meninggal sehingga tim langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi korban ke RSUD Kaimana," kata Charles, dikutip Sabtu (1/7/2023).

Adapun lima penumpang yang ditemukan meninggal yaitu Nurmayanti Majit (50), Abraham (4), Masdiyana Kudo (29), Glend Edwar (5), dan Putri (4). Sedangkan seorang lainnya yaitu Jihan (9) belum ditemukan.

Sementara 12 penumpang yang selamat yaitu Marsianus, Arnol, Yakobus, Yosias ,Sedek,Triska, Milka, Riski, Maya, Kristopol, Siska dan Neti. Berdasarkan keterangan Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika, semula menerima laporan dari Bernard melalui Pos Pencarian dan Pertolongan Kaimana. 

Dalam laporan itu, longboat berangkat menuju Kampung Esensia, Distrik Buruwai pada Kamis (29/6/2023) sekitar pukul 23.00 WIT. Namun dalam perjalanan, longboat tersebut tenggelam. 

Sebanyak sembilan orang berhasil diselamatkan oleh masyarakat atau nelayan yang sedang melintas di daerah tersebut. Kantor SAR menerjunkan tim untuk melakukan pencarian terhadap para penumpang yang hilang. Tim terdiri atas gabungan petugas SAR, TNI, BPBD, dan masyarakat sekitar.

"Saat tim pencarian dan pertolongan gabungan sedang melakukan pencarian, mereka mendapat informasi bahwa beberapa masyarakat atau nelayan telah menemukan empat korban yang telah meninggal dunia," bunyi keterangan SAR Timika.

Tim lantas bergerak menuju lokasi yang dilaporkan untuk melakukan evakuasi korban ke RSUD Kaimana. (tim redaksi)


#longboattenggelamdipapuabarat

#longboattenggelam

#timSAR

#korbantewas

#korbantenggelam

#kecelakaanlaut

#kaimanapapuabarat

Tidak ada komentar