Breaking News

Kampung Empang Kapuk Muara Kebakaran, 1.000 Jiwa Mengungsi ke Dua Tenda Pengungsian

Asap tebal yang berasal dari kebakaran di pemukiman padat penduduk Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (30/7/2023). (Istimewa/ Instagram @jktinfo)

WELFARE.id-Kebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (30/7/2023). Ratusan rumah di kawasan Pemukiman Padat Penduduk Jalan Kapuk Utara 2, RT 01/03 dilalap si jago merah.

Kawasan yang terbakar merupakan wilayah Kampung Empang. Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakut menerima laporan kebakaran sekitar pukul 09.22 WIB. 

Api diduga berasal dari salah satu rumah warga yang menyambar ke gudang pabrik garmen dan pewangi ruangan yang letaknya dekat dengan permukiman. Sebanyak 200 kepala keluarga (KK) tercatat menjadi korban kebakaran tersebut. 

Saat ini, mereka mengungsi ke tenda yang disediakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. "Jumlah jiwa yang mengungsi diperkirakan kurang lebih 1.000 jiwa. Mereka mengungsi ke dua tenda yang sudah didirikan dengan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah maupun dari Dinas Sosial," kata Lurah Kapuk Muara Jason Simanjuntak kepada wartawan di Jakarta Utara, dikutip Senin (31/7/2023).

Pihaknya​​​​​​ juga sedang mendirikan dua tenda tambahan dari BPBD dan Palang Merah Indonesia (PMI). Kebakaran yang melanda permukiman padat penduduk tersebut akhirnya dapat dipadamkan usai mengerahkan 25 unit mobil pemadam dan personel berjumlah 140 orang. 

Lebih lanjut, ia mengatakan, belum mendapat laporan terkait jumlah korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa tersebut. Namun ia memastikan para penyintas kebakaran itu sudah berada di tempat yang aman.

"Mereka membutuhkan pakaian, pakaian dalam, popok bayi, dan lansia serta bantuan obat-obatan," rincinya. Untuk penyebab kebakaran, sedang diselidiki oleh pihak Kepolisian Sektor Penjaringan, Jakut.

Salah satu warga yang menjadi korban, Rohana, sangat kaget dengan insiden kebakaran tersebut. Atas insiden itu Rohana bersama keluarga tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga di dalam rumah.

"Karena kita dari luar rumah. Barang kita enggak bisa diselamatin sama sekali," ungkapnya sedih. (tim redaksi)


#kebakarankapukmuara

#kebakaranwilayahpemukimanempang

#kebakarandipenjaringan

#pemukimanpadatpendudukterbakar

#kebakaranjakut

#sudingulkarmatjakut

#pengungsi

Tidak ada komentar