Breaking News

Kader Partai Nasdem dari Penjuru Indonesia Siap "Birukan" SUGBK, Antusias Dengar Orasi Politik Surya Paloh dan Anies Baswedan

 

Massa kader Partai Nasdem. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Partai Nasdem pimpinan Surya Paloh tengah bersiap menggelar Apel Siaga Perubahan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (16/7/2023). Kader dari penjuru Indonesia bakal tumpah ruah di Jakarta hari itu.

Ribuan kader asal Sulawesi Selatan juga tengah bersiap. Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Sulsel Mustaqim Musma mengatakan, sejauh ini terkonfirmasi ada 2.165 kader yang akan berangkat ke Jakarta.

Acara tersebut menjadi hajatan internal partai sebagai ajang konsolidasi pemenangan di Pemilu 2024. Nantinya, akan dirumuskan strategi dan upaya memenangkan Caleg partai dan Capres di pesta demokrasi mendatang.

Acara ini, katanya, akan dihadiri seluruh perwakilan kader partai seluruh Indonesia. Ia memastikan, SUGBK bakal menjadi membiru dipenuhi lautan massa Nasdem.

"Apalagi, Ketua Umum Partai Nasdem Bapak Surya Paloh bakal berorasi di puncak acara. Begitu juga dengan Capres Anies Baswedan. Apel Siaga jadi salah satu cara Partai Nasdem menyambut pesta demokrasi sekaligus upaya memberikan pendidikan politik dan karakter. Kader Nasdem dari Sulsel akan bersama-sama kader asal daerah lain membirukan GBK 16 Juli nanti,” tegasnya, dikutip Kamis (13/7/2023).

Ia menambahkan, kehadiran kader Nasdem Sulsel pada Apel Siaga Perubahan sangat penting. Mengingat, perjuangan dan capaian Nasdem di Sulsel dibawah komando Rusdi Masse (RMS) merupakan representasi di kawasan Indonesia Timur.

Para elite DPP bahkan kerap menyebut Sulsel sebagai rumah kedua Nasdem di Indonesia. Tak hanya kader dari Sulsel, puluhan armada bus Nasdem dari Sumatera Barat (Sumbar) juga akan bertolak ke Jakarta untuk mengikuti Apel Siaga Perubahan. 

Bus bertolak dari kantor DPW Nasdem, Jalan Jhoni Anwar No 13 Padang, dan serentak dari seluruh DPD kabupaten/ kota. "Berangkat setentak melalui jalur darat. Ini diputuskan setelah rangkaian rapat dengan pengurus DPW dan DPD,” ujar Daddy Fatria, yang didapuk sebagai ketua pemberangkatan.

Rombongan dari Sumbar lebih dari 1.000 orang, terdiri dari bakal calon legislatif (bacaleg), kader, dan para pengurus DPW Partai Nasdem se- Sumatera Barat, mulai dari provinsi hingga kabupaten kota. Pemberangkatan jalur darat sekaligus untuk mempererat kekompakan seluruh kader. 

Selain berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Apel Siaga Perubahan Partai Nasdem, nantinya para Bacaleg juga akan mengikuti pembekalan di Padang. Daddy Fatria menyebutkan, keberangkatan tim dari DPW yang juga diikuti Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar Fadly Amran.

Ditanya seberapa banyak kader dan bacaleg Partai Nasdem se-Sumbar yang ikut giat Apel Siaga Perubahan dari Sumbar ini? Daddy menjelaskan, diperkirakan jumlah yang ikut mencapai 1.500-an orang, baik kader maupun bacaleg.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali menyebut, partainya menggelar Apel Siaga Perubahan yang diikuti kader dan bacaleg seluruh Indonesia. Ali menegaskan bahwa Apel Siaga Perubahan merupakan acara internal partai. 

Nantinya, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan bakal calon presiden Anies Baswedan akan menyampaikan pidato di acara tersebut. Ia memastikan tidak ada pengumuman soal calon wakil presiden bagi Anies Baswedan di acara Apel Siaga Perubahan. 

"Partai NasDem memberikan mandat kepada Anies untuk mencari wapres. Bahwa nanti tidak ada deklarasi cawapres dari partai koalisi,” yakinnya.

"Insya Allah akan mengundang para partai koalisi (Demokrat dan PKS), para ketua umum pada kegiatan tanggal 16 ini. Tapi sebagai undangan," imbuhnya.

Karena merupakan konsolidasi nasional kader Nasdem. Oleh sebab itu, pihak eksternal dibatasi untuk terlibat dalam acara ini. 

"Jadi undangan tersebut bukan sebagai koalisi dan dibatasi satu partai yaitu lima orang," kata Ali. Lebih lanjut Ali memastikan, dalam acara tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak diundang. 

Hal itu lantaran agenda tersebut merupakan internal partai. "Tidak (mengundang Pak Jokowi), karena kegiatan pada tanggal 16 Juli ini adalah kegiatan internal partai politik, jadi kita tidak mengundang pihak-pihak eksternal termasuk pemerintah yang nonkader Partai Nasdem," pungkasnya. (tim redaksi)


#apelsiagapartainasdem

#kadernasdem

#bacalegnasdem

#capresnasdem

#aniesbaswedan

#orasipolitik

#ketumpartainasdem

#suryapaloh

#kadernasdemsulsel

#kadernasdemsumbar

Tidak ada komentar