Breaking News

Jembatan Kawanua Putus Diterjang Banjir, Warga Maluku Tengah Terisolir

Kondisi jembatan Kawanua yang menjadi penghubung antara Maluku Tengah dengan Seram Bagian Timur putus akibat diterjang banjir, Minggu (9/7/2023). ( Istimewa/ Dok.BPBD Maluku Tengah)

WELFARE.id-Warga Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur terisolir, akibat jembatan penghubung kedua daerah itu putus diterjang banjir sejak Minggu (9/7/2023). Jembatan Kawanua mengalami kerusakan sepanjang 150 meter.

Warga yang akan menuju dan keluar dari wilayah mereka terpaksa memutar dan menggunakan akses jalan lain yang lebih jauh. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Maluku Tengah Abdul Latif Key menjelaskan, banjir terjadi usai hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayahnya beberapa hari terakhir. 

Akibatnya, mobilitas warga pun lumpuh. "Sampai saat ini, aktivitas masyarakat masih belum bisa dilakukan di area sungai, baik pengguna transportasi maupun pejalan kaki,” ujar Abdul Latif dalam keterangannya, Selasa (11/7/2023). 

Adapun jembatan ini merupakan akses utama warga dari Kecamatan Tehoru, Malteng, menuju Kecamatan Siwalalat, SBT. Dengan begitu, akses Trans Pulau Seram sementara hanya bisa ditempuh melalui jalur laut. 

BPBD Kabupaten Maluku Tengah juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait guna melakukan penanganan darurat. Namun kondisi cuaca di lokasi menjadi kendala tersendiri dalam upaya perbaikan jembatan di Kawanua. 

Selain itu, Jembatan Wai Tonetana di Waipia juga sempat mengalami kerusakan. Kondisi terkini, kerusakan sudah berhasil ditangani oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) dengan melakukan perbaikan di ujung jembatan dan lalu lintas transportasi roda dua maupun roda empat sudah dapat melintas secara normal. 

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari merinci, sekitar 257 jiwa terdampak bencana tersebut. Banjir juga berdampak pada 56 rumah di Desa Holo, Kecamatan Amahai. (tim redaksi)


#banjirdimaluku

#jembatankawanuaputus

#banjirbandangterjangmalukutengah

#wargaterisolir

#jembatanrusakditerjangbanjir

#aksesjalanwarga

#jalanpenghubungterputus

Tidak ada komentar