Breaking News

Gempa Besar M 7,4 Guncang Alaska, USGS Sempat Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

 
Dampak gempa di negara bagian Alaska, Amerika Serikat (AS). (Istimewa)


WELFARE.id-Sejumlah daerah di negara bagian Alaska, Amerika Serikat (AS) mengeluarkan peringatan tsunami. Peringatan tersebut dikeluarkan, usai terjadi gempa berkekuatan magnitudo 7,4.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa melanda wilayah Semenanjung Alaska, Minggu (16/7/2023). Sistem Peringatan Tsunami AS mengeluarkan, peringatan tsunami untuk wilayah Pasifik yang terletak dekat dengan gempa bumi.

Melansir laporan Reuters, dikutip Senin (17/7/2023), gempa itu relatif dangkal, melanda pada kedalaman 9,3 km dan terjadi pada pukul 06.48 waktu setempat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga ikut merespons gempa berkekuatan cukup besar di AS itu.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Darynoyo mengatakan berdasarkan Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) peringatan potensi tsunami hanya untuk wilayah Alaska. "Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia, sehingga BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami," kata Daryono dalam keterangannya, dikutip Senin (17/7/2023).

Ia menjabarkan, dari hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 7,1. "Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 54,73° LU ; 161,15° BB pada kedalaman 40 km," rincinya.

Ia menambahkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik. "Hingga hari ini (kemarin, Red), pukul 14.30 WIB, hasil monitoring menunjukkan empat aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar 5,7 di Semenanjung Alaska," tuntasnya. (tim redaksi)


#peringatandinitsunamidialaska

#gempabesardialaskaAS

#alaskaamerikaserikat

#gempadiAS

#gempabumisusulan

#gempaAStidakberpengaruhkeindonesia

#BMKG

Tidak ada komentar