Breaking News

Dua Menteri Nasdem Bungkam Hasil Pertemuan "Bos' Mereka, SP: Pak Jokowi Tanya Siapa Cawapres Anies

 
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Istimewa)


WELFARE.id-Usai Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bertemu dengan Presiden Joko Widodo, kini giliran dua menteri Nasdem dipanggil ke Istana, Selasa (18/7/2023). Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar (Menteri LHK) menghadap menemui Presiden Joko Widodo hari ini. 

Kehadiran keduanya diketahui untuk mengikuti rapat terbatas (ratas) bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju yang membahas tentang antisipasi dampak fenomena El Nino. Keduanya datang hampir bersamaan, sekitar pukul 10.00 WIB. 

Syahrul tampak mengenakan kemeja putih berlogo Kementerian Pertanian, sedangkan Siti mengenakan batik berwarna hijau.  Keduanya pun meninggalkan halaman Istana pada pukul 11.48 WIB. 

Mentan yang juga Wakil Ketua Dewan Pakar Pusat Partai Nasdem, terlihat memilih no comment. Ia seperti enggan menjawab pertanyaan wartawan, saat difokuskan untuk persoalan politik. 

"Jangan, jangan soal itu,” ujarnya kepada wartawan di kompleks Istana Negara, Selasa (18/7/2023). Bahkan, saat ditanya mengenai pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi, Senin (17/7/2023) kemarin, ia juga memilih untuk irit bicara. 

"Enggak ada aku belum tahu, aku belum ketemu Ketum (Surya Paloh) aku baru pulang dari daerah. Ini sedang kerja, aku sedang kerja,” elaknya. 

SYL mengaku dalam rapat yang memakan waktu sekitar 1,5 jam itu hanya membahas tentang pertanian dan antisipasi menghadapi El Nino. Senada, Ketua Dewan Pakar Partai Nasdem Siti Nurbaya pun bungkam saat ditanyakan mengenai pertemuan Ketumnya dengan Kepala Negara. 

"Enggak ada, enggak-enggak masa nanyain begitu. Jangan ah,” ujarnya sambil tersenyum kecil. Untuk diketahui, Syahrul dan Siti, tampak hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.  

Untuk diketahui, Jokowi menganggendakan dua rapat terbatas bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju, yakni tentang antisipasi dampak fenomena El Nino dan tentang percepatan eliminansi tuberkolosis. 

Terpisah, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengungkap isi pertemuan antara dirinya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (17/7) kemarin.

SP mengaku ditanya oleh Jokowi terkait Cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) alias sosok yang bakal mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Namun, ia mengatakan tak mengetahui soal sosok cawapres Anies itu kepada Jokowi. 

"Nah Pak Jokowi juga tanya, siapa ini wakil presidennya ini, saya bilang saya belum mikirin itu. Yang saya tahu (urusan) Pak Anies itu," ujar Surya kepada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta, Selasa (18/7/2023).

Paloh juga mengatakan pada Jokowi bahwa hanya Anies yang mengetahui soal sosok yang akan mendampinginya nanti. "Ya, saya bilang saya belum memahami barangkali Pak Anies yang paling tahu, ya itu saja kira-kira begitu," sambungnya.

Saat disinggung soal kemungkinan terjadinya pertemuan Anies dan Jokowi, Paloh tak menyangkal jika pertemuan itu bisa saja terjadi. "Saya tidak menawarkan, tapi probability itu bisa saja, dan itu bagus. Kemungkinan itu bisa saja, kemungkinan ke arah itu bisa saja," tegasnya.

Paloh juga mengatakan Jokowi juga sempat menyinggung kritiknya soal revolusi mental yang dialamatkan pada Jokowi. "Ada (komentar Jokowi). 'Saya sedang tunggu-tunggu, Bang Surya ngomong apalagi ini'," ucap Paloh menirukan ucapan Jokowi saat berjumpa dengannya, kemarin.

Paloh juga mengatakan pertemuan tersebut penuh dengan suasana kekeluargaan. Paloh mengaku sudah lama tak bertemu Jokowi.

Ia juga mengatakan pertemuan ini bukan sekedar pertemuan antara Ketum Parpol dengan Presiden. Paloh juga tak menampik jika dirinya memiliki kedekatan personal dengan Jokowi.

"Tidak bisa dipungkiri ada hubungan personal yang cukup dekat. Hubungan seorang mungkin saya yang lebih dituakan dengan yang lebih muda sedikit," tutupnya. (tim redaksi)


#partainasdem

#duamenteripartainasdem

#mentansyahrulyasinlimpo

#menteriLHKsitinurbaya

#fenomenaelnino

#duamenterinasdemdipanggiljokowi

#presidenjokowi

#ketuaumumpartainasdem

#suryapaloh

Tidak ada komentar