Breaking News

Dito Ariotedjo Jadi Menteri Muda Terkaya LHKPN Tembus Rp282,46 Miliar, Anak Mantan Dirut Antam

 

Dito Ariotedjo  (Istimewa/ Dok.Setkab)

WELFARE.id-Nama Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menjadi perbincangan belakangan ini. Selain masih relatif muda, Dito juga terkenal kaya.

Dirinya bahkan masuk ke dalam daftar majalah forbes 30 Under 30 Indonesia pada 2020. Menteri termuda di kabinet Jokowi itu baru saja melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan Dito pekan lalu, 12 Juli 2023, itu merupakan kali pertama ia lakukan sejak ditunjuk sebagai menteri pada 3 April 2023 lalu. LHKPN tersebut, selain sebagai syarat mutlak bagi pejabat negara, juga untuk menepis dugaan Dito terlibat dalam kasus dugaan korupsi tower BTS dalam proyek BAKTI Kominfo yang menyeret namanya.

Dikutip dari laman LHKPN, Senin (17/7/2023), harta kekayaan Dito mencapai Rp282,46 miliar. Padahal, usianya baru 32 tahun.

Mengutip dari berbagai sumber, Senin (17/7/2023), ia pernah memiliki sejumlah bisnis. Ia memulai bisnis di bidang energi dan pertambangan. 

Namun, tidak diketahui nama perusahaan atau bisnis itu. Pada 2010, Dito membangun bisnis pada bidang teknologi yakni Startup Grupara dan memiliki coworking space. 

Namun banyak sumber mengatakan, bahwa sejumlah bisnisnya itu sudah tidak lagi beroperasi. Kemudian pada 2021, Dito bersama Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor membentuk Rans Sport. 

Kini dirinya menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC dan Chairman Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). Harta kekayaan Dito terdiri dari tanah dan bangunan. 

Tanah dan bangunan tersebut nyatanya bukan dimiliki dari hasil jerih payahnya pribadi. Dari total lima tanah dan bangunan dimiliki, hanya satu yang berasal dari hasil sendiri sedangkan sisanya adalah hadiah. 

Harta lain yang ikut dilaporkan yakni transportasi senilai Rp2,18 miliar. Terdapat tiga unit kendaraan, masing-masing Toyota Fortuner hasil sendiri, kemudian Toyota Alphard yang merupakan hadiah dan Hyundai IONIQ 5. 

Selanjutnya, Dito memiliki harta bergerak lain senilai Rp6.004.303.070, kemudian surat berharga senilai Rp89.342.924.072, dan memiliki kas dan atau setara kas senilai Rp13.393.899.111. Dito juga tercatat memiliki utang sebesar Rp16.050.902.195. 

Sehingga saat ditotal jumlah harta adalah Rp282.465.579.658 atau Rp282,46 miliar. Dito mengawali karier sebagai politikus muda di Partai Golongan Karya (Golkar). 

Selama ini, ia dikenal sebagai tim ahli di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Pada 2018, diketahui ia pernah dipercaya berkontribusi dalam perhelatan Youth Olympic Games 2018 yang diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina.

Kepercayaan itu diberikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), serta Komite Olimpiade Indonesia. Pada saat itu dia ditunjuk sebagai Chef de Mission atau ketua kontingen Indonesia.


Latar Belakang Keluarga Dito


Dito merupakan anak dari mantan Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) Arie Prabowo Ariotedjo. Arie Prabowo diangkat menjadi Direktur Utama Antam menggantikan Tedy Badrujaman pada 2017.  

Sebelum di Antam, dirinya menjadi Direktur Niaga di Bukit Asam. Arie Prabowo Ariotedjo merupakan sosok yang sudah malang melintang di dunia pertambangan. 

Pria kelahiran Jakarta, 15 Maret 1960 ini sebelumnya menjabat Direktur Niaga PTBA. Ia juga pernah menduduki jabatan di berbagai perusahaan, yaitu sebagai Managing Director PT Duta Tambang Sumber Alam, Managing Direktor dan President Director PT Duta Tambang Rekayasa, serta President Director PT Medco Energi Mining Internasional. 

Arie mengenyam pendidikan Bachelor of Science in Civil Engineering Purdue University, West Lafayette, Indiana, AS dan Master of Science in Civil Engineering University of Michigan, Ann Arbor, Michigan, AS. Kesuksesan Arie pun menular ke anaknya yang kini dipercaya menjadi Menpora. Dito memang terkenal cukup aktif dalam bidang olahraga. (tim redaksi)


#menporaditoariotedjo

#kekayaanmenpora

#LHKPN

#ditoariotedjo

#ditoputramantandirutantam

#kekayaanditoariotedjo

#politisimudapartaigolkar

Tidak ada komentar