Breaking News

Diduga Kelebihan Muatan, 16 Tewas dan 19 Korban Hilang dalam Insiden Kapal Tenggelam di Buton Tengah

 
Kapal tenggelam. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Nasib nahas menimpa puluhan penumpang kapal di Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Kapal yang mereka tumpangi usai menyaksikan acara HUT Kabupaten Buton Tengah di Mawasangka Tengah tenggelam, Senin (24/7/2023) dini hari tadi.

Kapal yang mengangkut puluhan penumpang yang sebagian besar perempuan itu, tenggelam di Teluk Wasampela Tengah, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Sebanyak 15 penumpang dilaporkan tewas dan 19 lainnya masih dalam pencarian.

"Akibat kejadian tersebut, untuk sementara 15 orang penumpang dinyatakan meninggal dunia," kata Humas Basarnas Kendari Wahyudi dalam keterangannya, Senin (24/7/2023). Wahyudi mengungkapkan, peristiwa nahas itu terjadi di teluk Mawasangka Tengah, Buton Tengah pada Senin (24/7/2023) sekitar pukul 00.00 WITA. 

Kapal yang tenggelam merupakan angkutan penyeberangan antardesa dari Desa Lanto menuju Lagii. "Kapal yang tenggelam yakni kapal penyeberangan antardesa. Tenggelam di teluk Mawasangka Tengah," tuturnya.

Ia juga menambahkan, tim SAR masih melakukan pencarian terhadap 19 orang lainnya yang dinyatakan hilang. Ia mengatakan kapal tersebut diduga berpenumpang sekitar 40 orang.

Untuk korban meninggal dunia langsung diserahkan kepada keluarga masing-masing. Sedangkan korban selamat yang diketahui berjumlah 6 orang masih dirawat tim medis.

"Korban meninggal dunia dilakukan identifikasi di Puskesmas Mawasangka Timur, diserahkan kembali kepada keluarga. Sedangkan korban selamat saat ini sementara dilakukan perawatan," terangnya lagi.

"Diduga kelebihan muatan," imbuh Komandan Pos SAR Baubau Susandi Padli, terpisah, terkait kemungkinan dugaan penyebab kapal tenggelam. Tim SAR masih melakukan pencarian menggunakan rescue boat di sekitar lokasi tenggelamnya kapal. (tim redaksi)


#kecelakaanlaut

#kapaltenggelam

#didugakelebihanmuatan

#timSAR

#korbantewas

#korbanselamat

#korbanhilang

#kapaltenggelamdibutontengah

#sulawesitenggara

Tidak ada komentar