Breaking News

Brigjen Endar Priantoro Balik ke KPK, Diiringi Rumor Tukar Guling Kasus hingga Formula E

Brigjen Endar Priantoro. (Istimewa/ net)

WELFARE.id-Brigadir Jenderal (Brigjen) Endar Priantoro saat ini sudah kembali menjadi bagian dari lembaga antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan. Sempat dikembalikan ke kepolisian, kini ia kembali jabat Direktur Penyelidikan (Dirlidik) KPK.

Pemberhentian hingga pengembalian Brigjen Endar pun menjadi polemik. Terlepas dari kontroversi yang ditimbulkan, Endar kini resmi menjabat Dirdik KPK. 

Ali Fikri selaku Kabag Pemberitaan KPK membenarkan Endar Priantoro kembali bertugas sebagai Direktur Penyelidikan KPK. Kembalinya Brigjen Endar bertugas berdasarkan surat keputusan (SK) yang dikeluarkan bulan lalu.

Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur menjelaskan, kembalinya Brigjen Endar sebagai Direktur Penyelidikan KPK akan menguatkan penegakan hukum tindak pidana korupsi. "Itu menguatkan penegakan hukum tindak pidana korupsi, tidak hanya untuk Formula E," kata Asep di KPK, menjawab pertanyaan kaitan kembalinya Endar dengan kasus Formula E, dikutip Jumat (7/7/2023).

Lembaga antirasuah itu memastikan, hal itu tidak berkaitan dengan pengusutan kasus dugaan kebocoran dokumen korupsi di Polda Metro Jaya. "Ya enggak ada (tukar guling)," kata Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, dikutip Jumat (7/7/2023).

"Kalau kasus yang di sana silakan ditanyakan di Polda, untuk perkara Pak Endar di sini ya itu tadi, ada pertemuan antara pimpinan Polri dan KPK, kemudian juga ada Kemenpan RB, dibahas bersama di situ," imbuhnya.

Ia juga memastikan, penyelidikan kasus di lembaga antirasuah itu tidak ada tebang pilih. Pasalnya, semua kasus korupsi adalah hal yang sangat penting untuk diberantas.

Sebelumnya, Endar Priantoro mengaku bakal bersikap profesional setelah kembali bertugas di KPK. Ia berjanji akan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. 

"Saya akan tetap profesional sesuai dengan pekerjaan saya sebagai seorang direktur ya. Apa yang jadi kewenangan dan apa yang jadi tugas saya itu akan saya lakukan sebaik-baiknya. Saya juga menghormati kewenangan pimpinan,” janjinya.

Sebatas informasi, pencopotan Brigjen Endar sendiri sempat menimbulkan kisruh di KPK dan Polri. Bahkan Brigjen Endar juga telah melaporkan Cahya H Harefa selaku Sekjen KPK dan Zuraida Retno Pamungkas selaku Kepala Biro SDM KPK ke Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, pihaknya akan mendalami dugaan penyalahgunaan wewenang atau jabatan terkait pencopotan Brigjen Endar. "Terkait laporan tersebut akan ditelaah lebih lanjut oleh Polda Metro Jaya dan mempelajari peristiwa yang dilaporkan serta kaitan pelapornya dengan peristiwa tersebut," paparnya, kala itu. (tim redaksi)


#KPK

#komisipemberantasankorupsi

#brigjenendarpriantoro

#brigjenendarkembalikeKPK

#polemikpencopotanbrigjenendar

Tidak ada komentar