Breaking News

Bawa Personel Brimob, Pesawat Satgas Damai Cartenz Ditembaki dengan Brutal di Intan Jaya

 
Pesawat Smart Air ditembaki di Intan Jaya, Papua Tengah. (Istimewa/ Dok. Polda Papua)


WELFARE.id-Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah. Tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba mereka melancarkan serangan di Intan Jaya, Papua Tengah, Selasa (18/7/2023). 

Penembakan terjadi sekitar pukul 07.15 WIT saat pesawat yang membawa tujuh personel Satgas Damai Cartenz akan mendarat. Dari laporan yang diterima sempat terdengar enam kali bunyi tembakan.

Dalam serangan brutal itu, peluru milik KKB menembus sayap pesawat Caravan PK-SNO Serial No. 208B2375 yang digunakan PT Smart Cakrawala Aviation. Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo menyampaikan, Polres Nabire menurunkan personelnya untuk melakukan giat olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). 

"Tim tersebut berhasil menemukan empat lubang pada sayap kiri pesawat Caravan PK-SNO, Serial No. 208B2375 yang diduga disebabkan oleh dua proyektil peluru yang menembus pesawat tersebut,” ujar Kombes Pol Ignatius Benny di Jayapura, Selasa (18/7/2023). Pesawat Smart Air ditembak teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat hendak mendarat di Lapangan Terbang Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. 

Polisi melaporkan tak ada korban jiwa akibat insiden tersebut. "Tidak ada korban jiwa," kata Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Donny Charles Go, Selasa (18/7/2023).

Akibat adanya penembakan, pesawat tersebut batal mendarat dan kembali terbang. "Kejadiannya saat mau landing di Bandara Pogapa Homeyo dan mau take off. Pesawat sudah kembali (terbang) dengan selamat," kata Kombes Donny.

"Sudah sempat landing, terus terbang lagi," tambah dia. Sementara itu, Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya mengatakan, pesawat tersebut diawaki oleh Pilot M. Farhan F dan Co-Pilot Wahyu. 

Pesawat, kata dia melakukan penerbangan awal dari Bandar Udara Timika Kabupaten Mimika menuju Bandar Udara Sugapa Kab. Intan Jaya. “Setelah mengangkut tujuh personel Brimob, pesawat melanjutkan penerbangan ke Bandar Udara Wagete Kabupaten Deiyai dan Bandar Udara Nabire,” ucapnya.

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan pesawat Smart Air itu membawa 7 personel Satgas Damai Cartenz. "Alhamdulillah pesawat berhasil mendarat dan pesawat terbang kembali ke Nabire setelah menurunkan tujuh personel Satgas Damai Cartenz," tambahnya.

Fakhiri mengatakan kehadiran anggota Satgas Damai Cartenz diharapkan dapat memperkuat Polsek Homeyo yang Minggu (16/7/2023) diserang dan ditembaki KKB. Selain menyerang dan menembaki Polsek Homeyo, kata dia, anggota KKB juga mencuri satu pucuk senjata api organik Polri.

"Kami berharap masyarakat membantu dan menyerahkan kembali senjata api tersebut sehingga tidak disalahgunakan," harapnya. (tim redaksi)


#pesawatsmartairditembakiKKB

#KKBpapuatengah

#intanjayapapuatengah

#pesawatsatgasdamaicartenzditembaki

#brimob

#satgasdamaicartenz

Tidak ada komentar