Breaking News

Banjir Bandang Terjang Afghanistan, 30 Tewas dan Puluhan Warga Lain Terluka dan Hilang

Seorang warga Afghanistan sedang meratapi bangunan rumahnya yang dihempas banjir bandang, Minggu (23/7/2023). ( Istimewa/ AFP)


 WELFARE.id-Banjir bandang melanda ibu kota Kabul, provinsi Maidan Wardak dan Ghazni, Minggu (23/7/2023). Sedikitnya 30 orang tewas, mayoritas korban berada di Kabul Barat dan Maidan Wardak. 

Juru bicara Kementerian Penanggulangan Bencana Afghanistan Mohammad Shafi Rahimi mengatakan, 26 dari 30 korban jiwa berasal dari Distrik Jalrez, sekitar 46 km sebelah timur Kabul. Ia menambahkan, banjir yang disebabkan hujan lebat juga menghanyutkan ratusan rumah yang sebagian besar terbuat dari tanah.

Ia juga merinci, ada empat orang lainnya meninggal di Kabul, dan total lebih dari 70 orang terluka di kedua distrik tersebut. Sedangkan 40 orang lainnya diketahui masih menghilang usai diterjang banjir bandang.

Rahmi juga mengatakan, sejauh ini 604 rumah rusak total atau sebagian, dan ratusan hektar pertanian serta perkebunan juga hancur. Lebih lanjut, ia menerangkan secara nasional ratusan orang tewas akibat bencana alam sejak Maret.

"Dalam empat bulan terakhir, 214 orang tewas dalam insiden terkait bencana," ujar Rahmi, melansir AFP, Senin (24/7/2023). Juru bicara pemerintah Taliban Zabihullah Mujahid menyampaikan pesan belasungkawa. Mereka menyerukan kepada kelompok-kelompok bantuan dan pemerintah Kabul untuk membantu keluarga para korban tewas. (tim redaksi)


#bencanabanjirbandang

#banjirbandangdiafghanistan

#pemerintahtaliban

#korbanmeninggal

#korbanhilang

#banjirbandang

#bencanaalam

Tidak ada komentar