Breaking News

Atap Taman Budaya Gunungkidul Ambrol, Jogja Masih Diguncang 44 Gempa Susulan Pagi Ini

Tangkapan layar atap Taman Budaya Gunungkidul yang ambrol akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,6, Jumat (30/6/2023) malam. (Istimewa/ dok.BPBD DIY)


WELFARE.id-Gempa tektonik kembali mengguncang wilayah Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Sabtu (1/7/2023) pagi, pukul 08.00 WIB. Berdasarkan monitoring BMKG, sebanyak 44 gempa bumi susulan masih terus mengguncang, dengan magnitudo rata-rata 4,2. 

Akun media sosial tim reaksi cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY juga sempat mengunggah sejumlah video dan foto bangunan yang rusak, akibat diguncang gempa, semalam. "Gempa yang dahsyat. Banter lindune, temboke nganti ambruk," terdengar suara seorang laki-laki dalam video di akun tersebut, dikutip Sabtu (1/7/2023).

Disebutkan bila dinding yang tampak ambrol di dalam video, adalah milik warga di Bibis, Bangunjiwo, Bantul. Tak hanya tembok dapur di Bibis, sejumlah rumah warga lainnya juga mengalami kerusakan. 

Terlihat keramik di dinding milik warga, ambrol. Bahkan, atap plafon Taman Budaya Gunungkidul, juga ambruk. 

Tampak reruntuhan atap tersebar di kursi studio, Taman Budaya Gunung Kidul. Melihat masih intensnya gempa susulan di Jogja dan sekitarnya, BMKG pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Selain itu, agar masyarakat tanggap untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa. "Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tulis BMKG dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (1/7/2023). (tim redaksi)


#gempabantul

#gempajogja

#BMKG

#ataptamanbudayagunungkidulambrol

#bangunanrusak

#gempabumi

Tidak ada komentar