Breaking News

64 Titik Wifi Tersedia di Desa Gunung Putri, Warga Cukup Bayar Rp100 Ribu Sebulan

 

Digitalisasi. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Perkembangan digitalisasi tak bisa dihindari. Tak hanya dibutuhkan masyarakat kota, akses teknologi juga diperlukan warga desa.

Desa Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menjadi salah satu daerah percontohan desa digital. Mereka memiliki 64 titik jaringan internet murah yang dibagikan kepada warganya.

Atas prestasi tersebut, wilayah Gunung Putri yang didominasi dengan kawasan industri ini sudah dikunjungi 29 desa lain sebagai desa percontohan. Menurut Kepala Desa Gunung Putri Daman Huri, kelurahan ini kini disebut sebagai desa digital. 

Sebanyak 14 unit tiang tower BTS tersebar di wilayah itu dengan 64 titik CCTV yang bisa dimonitor secara 24 jam real time. Program ini sudah berjalan sejak 2022 yang dibangun dari dana desa.

"Tiang tower di 14 RW yang dibangun dari anak daerah dan tenaga ahli kita, sudah terpancar bagus di 14 RW sehingga tiang tower ini menjadi daya tarik oleh desa-desa lain. Yang tower ini untuk wi-fi atau kuota internet murah ada di 64 titik CCTV di setiap pelosok 46 RT 24 jam dan Real Time bisa diputar selama 1 minggu," bebernya, dikutip Sabtu (8/7/2023).

Damanhuri menambahkan, dengan adanya 64 titik CCTV yang tersebar, warga bisa mengaksesnya melalui gawai masing-masing. Dengan kecepatan 10 Mbps warga cukup membayar Rp100.000 per bulan.

Pengembangan desa digital dilakukan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa, melalui pemberdayaan masyarakat desa yang dapat memberikan manfaat ekonomi. Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin pernah mengatakan, pemerintah terus meningkatkan percepatan akses dan pembangunan infrastruktur digital untuk melayani publik secara cepat dan efisien.

"Pemberdayaan harus disesuaikan dengan potensi SDM dan SDA desa, unsur kearifan lokal, karakteristik budaya masyarakatnya, serta memanfaatkan teknologi digital," ucapnya. Wapres menuturkan, pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi mutlak diperlukan dalam pembangunan desa digital. 

Seperti penyediaan jaringan, perangkat, aplikasi yang sesuai dengan karakteristik penduduk, termasuk pendampingan yang tepat bagi masyarakat desa. (tim redaksi)


#desadigital

#digitalisasi

#pembangunaninfrastrukturtelekomunikasi

#desadigitaldibogor

#aksesinternet

#desapercontohan

Tidak ada komentar