Breaking News

2 Hari Pengguna Sentuh 70 Juta, Ini Beda Twitter dan Threads yang Lagi Hits!

 

Aplikasi baru besutan Meta, Threads digadang-gadang sebagai pesaing berat Twitter.  (Ilustrasi/ net)

WELFARE.id-Sejak kemarin, aplikasi Threads besutan Meta yang sangat mirip dengan Twitter bikin heboh jagat media sosial. Banyak selebriti Indonesia yang berpindah haluan dari Twitter ke Threads.

Threads, aplikasi pesaing Twitter, langsung meroket setelah diluncurkan. Pada hari kedua setelah peluncuran, aplikasi milik Meta ini telah memiliki sekitar 70 juta pengguna.

CEO Meta Platform Inc. Mark Zuckerberg mengatakan, platform media sosial Threads tumbuh signifikan. Pertumbuhan yang cukup pesat ini didukung oleh fakta bahwa Threads terkait dengan jejaring sosial yang telah ada yakni Instagram.

Pengguna dapat mendaftar dengan pegangan mereka yang ada di Instagram dan dapat mempertahankan beberapa pengikut mereka saat orang lain mendaftar ke aplikasi tersebut. "Meta hanya membutuhkan 1 dari 4 pengguna Instagram untuk menggunakan Threads setiap bulan agar bisa sebesar Twitter,” kata Jasmine Enberg, analis utama Insider Intelligence, dalam sebuah pernyataan, dikutip Sabtu (8/7/2023).

Pemilik Twitter Elon Musk tampaknya telah menunjukkan beberapa kekhawatiran tentang Threads. Hal itu diungkapkan pengacara lamanya Alex Spiro yang menulis surat kepada Meta dan menuduh perusahaan itu melakukan "penyalahgunaan yang melanggar hukum" atas rahasia dagang.

"Tidak seorang pun di tim teknik Threads adalah mantan karyawan Twitter," ujar Direktur Komunikasi Meta Andy Stone. Namun, pertumbuhan saja tidak akan cukup untuk menjadikan Threads sebagai alternatif Twitter. 

Meta juga harus dapat menunjukkan aplikasi Threads mampu melibatkan penggunanya secara aktif. Twitter sendiri memang dikenal banyak digunakan oleh jurnalis, politisi, hingga akademisi dan merupakan tempat di mana berita sering tersiar.

Sedangkan Meta telah mengambil langkah-langkah untuk tidak menekankan konten politik di Facebook, sebuah kebijakan yang, jika dibawa ke Threads, akan membedakannya dari Twitter. Namun meskipun seperti kembar, Threads dan Twitter punya beberapa perbedaan yang bisa dirasakan langsung penggunanya.


Perbedaan Threads dengan Twitter


Threads milik Instagram sepertinya lahir untuk digadang menjadi Twitter yang "lahir kembali". Lalu, apa saja perbedaan Twitter dan Threads? 

- Hapus Threads Harus Hapus Akun instagram

Meski merupakan platform terpisah dari Instagram, namun pengguna Threads harus terlebih dahulu punya akun Instagram. Selain itu, nama akun (username) yang tertera pada Threads pun tak bisa diubah.

Jika ingin ganti user name Threads, harus diedit melalui Instagram. Artinya, pengguna tak bisa punya nama yang berbeda antara Threads dan Instagram.

Bahkan jika ingin menghapus profil Threads, pengguna harus menghapus akun Instagramnya. Metode ini berbeda dengan Twitter yang benar-benar berdiri sendiri tanpa ada sinkronisasi dengan aplikasi lain. Dengan begitu, pengguna bebas mengubah akun Twitter tanpa bergantung pada aplikasi lain.

 

- Sinkronisasi Threads dan Instagram

Keuntungan sinkronisasi Instagram dan Threads adalah kemampuan mendapat eksposur yang lebih mudah bagi pengguna. Selain itu, pengguna bisa dengan mudah membagikan konten dari Threads ke Instagram maupun sebaliknya. Kemampuan seperti ini tak ditemui pada Twitter yang sepenuhnya berdiri sendiri.


- Jumlah Karakter Threads dan Twitter

Threads memungkinkan pengguna menuliskan teks hingga 500 karakter. Hal ini berbeda dengan Twitter yang hanya mengakomodir 280 karakter bagi pengguna tak berbayar. Khusus untuk pelanggan Twitter Blue yang berbayar, batas karakter yang bisa diunggah bisa sampai 25.000.


-Tanpa Jumlah Pengikut di Profil

Pada antarmuka Threads, pengguna tak bisa melihat jumlah orang yang diikuti (following) pengguna lain di profil mereka. Jika benar-benar penasaran, bisa membuka profil, klik jumlah pengikut (followers), lalu geser ke kanan untuk melihat tab following.

Hal ini berbeda dengan Twitter. Antarmuka profil Twitter langsung memamerkan jumlah followers dan following secara berdampingan.


- Threads tanpa GIF

Sama seperti Twitter, Threads bisa membagikan foto, video, teks, dan link. Namun, Threads belum mendukung format GIF yang sudah lama tersedia pada Twitter.


- Centang Biru Threads dan Twitter

Akun terverifikasi di Instagram akan otomatis mendapat centang biru di Threads. Metode ini berbeda dengan Twitter, yaitu pengguna wajib menjadi pelanggan Blue untuk mendapat atau mempertahankan centang biru.


- Threads Punya Fitur 'Hidden Words'

Threads memiliki fitur khusus untuk memblokir kata atau frasa tertentu. Ketika mengaktifkan fitur ini dan memasukkan kata-kata tertentu, kata-kata terkait tak akan muncul di linimasa pengguna.

Di Twitter, mekanisme semacam ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur 'Mute' atau 'Block.' Namun, Twitter tak punya tool spesifik seperti Hidden Words.


-Topik Trending di Threads dan Twitter

Di Twitter, pengguna dengan mudah melihat topik apa yang sedang hangat dibahas warganet melalui fitur 'Trends For You'. Fitur ini belum ditemui pada Threads. (tim redaksi)


#threads

#aplikasibaru

#aplikasibarubesutanmeta

#meta

#markzuckerberg

#threadsmiriptwitter

#perbedaanthreadsdantwitter

#mediasosialbaru

#instagram

Tidak ada komentar