Breaking News

112 Santri Ponpes Al Hasani Bondowoso Diserang Muntaber, Sampel Makanan dan Air Diperiksa

 Ilustrasi/ Dok.lifepal


WELFARE.id-Wabah muntaber menyerang santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hasani, Kota Bondowoso, Jawa Timur. Sebanyak 112 orang santri dirawat di Puskesmas dan rumah sakit akibat mengalami gejala muntah dan diare, serta demam tinggi.

Kabid Pencegahan dan Penanganan Penyakit, Dinas Kesehatan Bondowoso Tuhu Suryono mengatakan, dari 112 santri yang sakit, 71 di antaranya menjalani rawat inap. Sedangkan 41 lainnya rawat jalan karena kondisinya membaik. 

"Seluruh santri yang masih rawat inap tersebar di delapan puskesmas dan tiga rumah sakit. Kami pantau terus, kalau ada yang penuh, kami pindah ke puskesmas lain," rincinya.

Sementara itu, akibat peristiwa tersebut, dinas kesehatan terpaksa mendirikan posko kesehatan di dalam ponpes. Posko ini untuk memudahkan penanganan sementara. 

Suryono menambahkan, untuk mencari tahu penyebab muntaber di pesantren rersebut, pihaknya telah mengambil sampel makanan dan air untuk diperiksa. Harapannya, proses tersebut bisa selesai cepat, sehingga diketahui penyebabnya. 

"Sekarang sudah dicek di laboratorium," tuntasnya. Atas kasus ini, pemerintah Kabupaten Bondowoso juga menetapkan status KLB (kejadian luar biasa) muntaber. (tim redaksi)


#wabahmuntaber

#KLBmuntaber

#kabupatenbondowoso

#muntaber

#santriponpesalhasani

#KLB

#rawatinap

Tidak ada komentar