Breaking News

Umat Muslim Muhammadiyah Gelar Salat Id Hari Ini, Menko PMK: Sembelih Hewan Kurban Disarankan Besok Biar Kompak

Umat Muslim sedang menjalankan salat. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Umat Muslim berdatangan ke gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, sejak pukul 05.00 tadi. Mereka adalah sebagian umat Muslim yang menjalankan salat Id dan merayakan Idul Adha pada Rabu (28/6/2023) hari ini.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy juga turut hadir dalam salat Id tersebut. Menurutnya, inilah bentuk toleransi sesama umat Muslim.

Namun, ia menyarankan kepada umat Muhammadiyah yang menyelenggarakan salat Idul Adha hari ini, agar sekiranya menyembelih hewan kurban pada Kamis (29/6/2023) besok. Berbarengan dengan umat Muslim lain yang baru melaksanakan salat Id besok.

Hal tersebut ia sampaikan saat ditemui di pekarangan Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2023). "Saya menyarankan untuk Salat Idul Adha hari ini supaya tidak langsung melakukan penyembelihan kurban," imbaunya.

Hal ini pun dimaksudkan agar ada keseragaman dengan umat Muslim yang menyelenggarakan Salat Idul Adha pada hari Kamis. "Jadi penyembelihan kurbannya besok bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan Idul Adha besok ya, biar lebih kompak," harapnya.

Sebelumnya, PP Muhammadiyah menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriah di pekarangan Kantor PP Muhammadiyah. Pada pukul 06.00 WIB ribuan jamaah sudah memenuhi saf. 

Pria berada di sisi depan, sementara wanita di sisi belakang. Halaman pekarangan tampak dilapisi dengan karpet yang luas, sehingga jemaah hanya perlu membawa sajadah saja. 

Adapun yang bertugas sebagai khatib atau imam salat Idul Adha 1444 Hijriah pagi tadi adalah KH Endang Mintardja, selaku Wakil Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah. Sementara ceramah bertema 'Model Beragama Nabi Ibrahim Alaihissalam'. (tim redaksi)


#ppmuhammadiyah

#salatiduladha

#iduladha1444hijriah

#menkoPMK

#muhadjireffendy

#penyembelihankurban

#toleransi

Tidak ada komentar