Breaking News

Tugas Negara ke India, KPK Gagal Periksa Syahrul Yasin Limpo

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Istimewa/ net)


WELFARE.id-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gagal memeriksa Menteri Pertanian (Menpan) Syahrul Yasin Limpo, hari ini. Syahrul yang semestinya diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan), rupanya tengah berada di India dalam rangkaian tugas Agenda Agriculture Ministers Meeting G20 di India.

"Kami berharap dan meyakini yang bersangkutan (Mentan) akan hadir pada undangan berikutnya," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (16/6/2023). Menurutnya, kehadiran Syahrul  sangat dibutuhkan untuk menentukan proses penyelidikan dugaan korupsi di Kementan.

"Permintaan keterangan tersebut dibutuhkan, sehingga segera dapat kami lakukan analisis untuk menentukan sikap berikutnya pada tahap proses penyelidikan ini," tegas Ali. Untuk pemeriksaan selanjutnya, Syahrul diminta hadir pada Senin (19/6/2023).

Sebelumnya, menanggapi pemanggilan KPK, Syahrul mengaku dirinya telah siap memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai saksi.

“Kami menghadiri pertemuan para Menteri Pertanian G20 di India. Indonesia yang telah dipercaya sebagai Presidensi G20 Tahun 2022 tentu saja sepatutnya hadir dalam penutupan perhelatan Internasional tersebut”, ujar Syahrul Yasin Limpo lewat keterangan tertulisnya, Jumat (16/6/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Indonesia sebagai Troika bersama India dan Brasil akan memberikan pernyataan sekaligus penyerahan estafet keketuaan pada Brasil yang akan menjadi Presidensi tahun 2024 nanti. Setelah itu, juga terdapat rencana kunjungan ke Tiongkok dan Korea Selatan dalam rangka penguatan kerja sama modernisasi pertanian dan fasilitasi pasar ekspor pertanian.

"Jadi, kami belum bisa memenuhi undangan KPK hari ini sama sekali bukan karena urusan pribadi, tetapi dalam rangka menjalankan tugas negara. Namun demikian, Kami pastikan tetap menghormati KPK dan mengajukan permintaan agar dapat diperiksa pada hari Selasa, 27 Juni 2023," bebernya. (tim redaksi)


#menteripertanian

#mentan

#syahrulyasinlimpo

#gagaldiperiksaKPK

#KPK

#komisipemberantasankorupsi

#kasusdugaankorupsidikementan


Tidak ada komentar