Breaking News

Terus Mencair, Ikon Es Abadi di Puncak Jaya Terancam Punah

Puncak Jaya di Pegunungan Jayawijaya, Papua. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Indonesia memiliki sejumlah "keajaiban dunia". Selain Borobudur, Indonesia juga memiliki puncak gunung bersalju meski berada di daerah tropis Papua. 

Ya, satu-satunya wilayah Indonesia yang diselimuti salju adalah Puncak Jaya di Pegunungan Jayawijaya, Provinsi Papua. Nama lain dari Puncak Jaya adalah Carstensz Pyramide atau Puncak Carstensz. 

Diambil dari nama seorang petualang asal Belanda, yakni Jan Carstensz, yang pertama kali melihat adanya puncak gunung bersalju di daerah tropis. Pengamatan tersebut dilakukan olehnya melalui kapal laut. 

Hal itu baru terbukti kebenarannya setelah 3 abad kemudian, dan menjadi salah satu obyek wisata alam kebanggan Indonesia. Namun sayang, salju tersebut terancam hilang akibat terus mencair dari tahun ke tahun karena pemanasan global dan perubahan iklim.

Menurut Pelaksana Tugas Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ruandha Agung Sugardiman, cairnya salju di Puncak Jaya itu perlu mendapat perhatian serius. Salju abadi Puncak Jaya yang berada pada ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl) merupakan hal luar biasa dan menjadi salah satu keunikan dunia. 

"Kalau salju itu sampai hilang akibat pemanasan global dan perubahan iklim, Indonesia akan mengalami kerugian besar," ucapnya, dikutip Senin (19/6/2023). Dari hasil inventarisir yang dilakukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), tahun 1990-an salju abadi di Puncak Jaya masih sekitar 200 kilometer persegi. 

Namun sekitar tahun 2003, luasnya diperkirakan tinggal 20 kilometer persegi. "Dari perhitungan dan simulasi yang dilakukan BMKG, dengan temperatur yang semakin tinggi, salju abadi tersebut diperkirakan dalam beberapa tahun mendatang akan mencair semuanya. Sangat disayangkan kalau salah satu keunikan dunia di tropis itu sampai hilang," ujarnya.

Lebih jauh, ia juga menyebut, beberapa dampak buruk perubahan iklim yang saat ini tengah terjadi di dunia. Seperti mencairnya gunung es di kutub bumi akibat naiknya temperatur suhu bumi yang dapat memicu kenaikan muka air laut yang mengarah kepada abrasi pantai-pantai di Indonesia.

"Berbagai upaya tengah dilakukan Indonesia dalam mencegah kenaikan suhu global tidak lebih dari 1,5 derajat celsius. Salah satu sektor utama dalam pengendalian perubahan iklim adalah kehutanan," paparnya.

Pun demikian kerugian dari sisi pariwisata. Mengingat, salju abadi di Puncak Jaya merupakan wisata pegunungan yang menjadi karakter atau ciri khas Papua. "Sekaligus ikon es abadi di kawasan tropis," tutupnya. (tim redaksi)


#pariwisata

#puncakjayajayawijaya

#saljuabadi

#globalwarming

#pemanasanglobal

#saljumencair

#puncaksaljudipapua

Tidak ada komentar