Breaking News

Tak Aman dari Gempa, Lokasi IKN Ternyata Dilewati Jalur Sesar Ini

Titik gempa yang sempat guncang Kalimantan Timur dengan kekuatan M 3,7. (Istimewa/ Twitter @infoBMKG))


WELFARE.id-Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur rupanya tak aman dari gempa. Meski tergolong jarang terjadi gempa, namun beberapa waktu lalu, kawasan IKN sempat merasakan digoyang lindu berkekuatan magnitudo 4,6. 

Lokasinya 97 km barat laut, Kutai Barat Kalimantan Timur, berdekatan dengan lokasi proyek IKN. Tak hanya sekali, gempa susulan juga sempat terjadi.  

Misalnya pada Kamis (16/7/2020) wilayah Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, diguncang gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4. Hal ini terkait aktivitas Sesar Mangkalihat yang masih aktif.

BMKG pernah memperingatkan potensi gempa besar di Kalimantan akibat pergeseran sesar Mangkulihat. Sesar Mangkalihat itu memiliki magnitudo tertarget mencapai M 7,0 dengan laju pergeseran 0,5 milimeter per tahun. 

Hal itu juga berdasarkan hasil kajian Pusat Studi Gempa Nasional (PUSGEN) tahun 2017. Wilayah Balikpapan dapat terdampak guncangan dengan intensitas III-IV MMI, wilayah Samarinda dengan intensitas V MMI.

Sementara untuk daerah yang dekat dengan sumber gempa dapat terdampak guncangan mencapai skala intensitas VII-VIII MMI. Artinya, berpotensi terjadi kerusakan tingkat sedang hingga berat.

Ternyata ancaman lokasi ibu kota tak hanya dari Sesar Mangkalihat. Secara geologi dan tektonik, mengutip laporan BMKG, Senin (26/6/2023) provinsi Kalimantan Timur terdapat tiga struktur sesar sumber gempa di antaranya Sesar Maratua, Sesar Mangkalihat, dan Sesar Paternoster. (tim redaksi)


#BMKG

#gempabumi

#gempa

#IKN

#lokasiIKNtakamangempa

#sesarmaratua

#sesarmangkalihat

#sesarpaternoster

#kalimantantimur

Tidak ada komentar