Breaking News

Syahrul Yasin Limpo Datangi KPK, Akui Siap Kooperatif Jika Dipanggil Lagi

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Istimewa/ net)


WELFARE.id-Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo akhirnya datang ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin (19/6/2023). Usai diperiksa sebagai saksi, dirinya tak banyak berkomentar soal isi materi pemeriksaan terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementan. 

Di hadapan wartawan, dirinya mengaku akan kooperatif. "Hari ini saya memenuhi panggilan dari KPK yang selama ini dua kali sebelumnya dalam kegiatan terkait kegiatan negara dapat kerja, yang berakhir saya harus G20 dan banyak pertemuan yang harus dilakukan. Tetapi walaupun kegiatan sampai tanggal 27 berbagai kegiatan, tidak bisa diselesaikan 20 hari ini saya memenuhi panggilan itu secara baik alhamdulillah pemanggilan sudah jalan," kata Syahrul di Gedung KPK lama, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2023).

"Saya akan kooperatif dan siap hadir kapan pun dibutuhkan saya siap hadir," tambahnya. Ia juga dicecar banyak pertanyaan oleh awak media. 

Salah satu pertanyaan yang dilontarkan awak media yakni berkaitan dengan statusnya yang disebut akan menjadi tersangka dalam kasus ini. Politikus Nasdem ini meresponsnya dengan terdiam.

Begitu pula saat dimintai pendapat berkaitan dengan adanya unsur politis yang dilakukan KPK dalam mengusut kasus ini, Syahrul terdiam. Termasuk saat dicecar apakah benar dugaan dirinya memeras beberapa pejabat di Kementan, Syahrul Yasin Limpo juga memilih tak menjawab.

Ia hanya menyebut sudah memberikan semua yang diketahui kepada tim penyelidik. "Saya sudah jawab di atas. Enggak ada, saya sudah jawab, tanya KPK, tanya KPK, saya sudah hadir tadi. Makasih ya," ujarnya, sembari membelah kerumunan wartawan.

Sebelumnya, ia juga memuji KPK profesional dalam penyelidikan ini. "Saya kira apa yang dilakukan KPK sudah sesuai dengan SOP dan saya sudah jawab dengan apa yang saya bisa jawab," ulasnya.

Penyelidikan merupakan proses awal yang dilakukan KPK dalam mengusut dugaan tindak pidana korupsi. Belum ada tersangka yang ditetapkan oleh KPK jika suatu kasus masih dalam proses penyelidikan.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan, pihaknya bakal mengungkap semua hal terkait dugaan korupsi yang terjadi di Kementan. (tim redaksi)


#syahrulyasinlimpo

#menteripertanian

#mentan

#mentandipanggilKPK

#saksikasusdugaankorupsidikementan

#ketuaKPK

#firlibahuri

#KPK

#komisipemberantasankorupsi

Tidak ada komentar