Breaking News

Sidang Perdana Johnny G Plate Hari Ini, Agenda Mendengarkan Surat Dakwaan Jaksa

Mantan Menkominfo Johnny G Plate. (Istimewa/ net)


WELFARE.id-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) nonaktif Johnny G Plate akan menjalani sidang perdana dalam kasus tindak pidana korupsi Base Transceiver Station (BTS) 4G BAKTI Kominfo di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Selasa (27/6/2023), pukul 10.00 WIB. Pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) Zulkifli Atjo mengatakan, sidang perdana Plate akan digelar bersama-sama dengan tersangka lainnya, Direktur Utama Bakti Kominfo, Anang Achmad Latif dan Tenaga Ahli Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia Tahun 2020 Yohan Suryanto.

Namun, kedua tersangka tersebut akan disidang dengan berkas perkara terpisah atau splitsing. Sidang akan dipimpin oleh Fatzal Hendrik selaku ketua majelis hakim dan dibantu dua hakim anggota yaitu Riyanto Adam Ponto dan Sukartono.

Dalam sidang perdana ini, para terdakwa akan mendengarkan pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Agung (Kejagung). "Sidang pertama, di ruang Prof Muhammad Hatta Ali, pukul 10.00 WIB," demikian agenda sidang yang dimuat dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Pusat, dikutip Selasa (27/6/2023).

Perkara yang teregistrasi dengan nomor perkara No.55/Pid Sus./PN.jKt.pst/2023 akan dilaksanakan di ruang sidang Hatta Ali pada PN Jakpus. Adapun, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Syarief Sulaeman mengatakan, bahwa pihaknya sudah siap dalam menjalani sidang perdana eks menkominfo ini. 

Jaksa penuntut umum (JPU) pada sidang ini adalah gabungan dari Kejari Jakarta Selatan dan Kejaksaan Agung (Kejagung). "Siap (untuk sidang perdana). Gabungan seperti biasa (JPU-nya),” ucap Syarief. 

Dalam kasus BTS Kominfo, Kejagung sudah menetapkan delapan tersangka. Mereka adalah: Direktur Utama Bakti Anang Achmad Latif (AAL); Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia Galubang Menak (GMS); Tenaga Ahli Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia Tahun 2020 Yohan Suryanto (YS); Mukti Ali (MA), selaku Account Director of Integrated Account Departement PT Huawei Tech Investment (HWI); dan Irwan Hermawan (IH), selaku Komisaris PT Solitech Media Sinergy. Kemudian, mantan Menkominfo Johhny G Plate, Windi Purnama, selaku orang kepercayaan dari tersangka Irwan Hermawan (IH); dan Direktur Utama (Dirut) Basis Utama Prima (BUP), Muhammad Yusrizki (YUS). (tim redaksi)


#kasusdugaankorupsiBTSbaktikominfo

#johnnygplate

#sidangperdana

#menkominfononaktif

#kejagung

Tidak ada komentar