Breaking News

Siap Beri Kejutan Saat Jamu Argentina, Pelatih Shin: Laga Ini Bukan Hiburan Semata!

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong. (Istimewa/ Dok.PSSI)


WELFARE.id-Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memastikan skuad Garuda asuhannya bakal berjibaku mati-matian dalam laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Senin malam pukul 19.30 WIB melawan Timnas Argentina. Ia dengan tegas menyebut, laga kontra Argentina bukan sekedar hiburan semata.

Bagi sebagian orang, laga ini hanya akan menjadi hiburan semata. Sebab Argentina dijagokan sudah pasti akan memenangi laga, berapapun hasilnya nanti.

Absennya beberapa pilar Argentina seperti Lionel Messi, Nicolas Otamendi, dan Angel di Maria, dianggap menurunkan nilai laga nanti. Tapi buat Shin Tae Yong, laga nanti sangat penting buat Timnas Indonesia.

"Jadi kami pastinya mau fokus ke laga ya, bukan hiburan. Apalagi tim Argentina tidak hanya mengandalkan Messi saja, ya namanya juga mereka ranking 1 (FIFA)," kata pelatih asal Korea Selatan itu, saat memberikan keterangan pers, dikutip Senin (19/6/2023).

Ia yakin, pasti semua pemain mereka (Argentina) punya kulitas yang bagus. "Jadi sepakbola memang seperti itu. Tidak hanya dengan satu pemain lalu bisa jadi juara dunia, menganggap ini hiburan itu sedikit salah. Yang harus kita pikirkan adalah kenapa Argentina bisa juara dunia," ucapnya serius.

Pelatih Shin juga mengungkapkan, laga nanti punya arti penting buat Skuad Garuda. Meski Argentina unggul segalanya, para pemain Timnas Indonesia tetap harus berjuang maksimal.

Apapun hasilnya nanti, akan menjadi pengalaman berharga buat Rizky Ridho Cs. Makanya ia berharap laga nanti menjadi titik awal kebangkitan sepakbola Indonesia.

"Tim Argentina memang juara dunia tahun lalu, kalian tahu kelas mereka seperti apa. Saya sudah menonton Argentina melawan Australia di Tiongkok, dan sangat kelihatan mereka kondisinya baik. Mereka juga menunjukkan bahwa mereka tim juara di laga itu," ulasnya.

Laga ini, kata Shin Tae Yong, akan menjadi loncatan besar dan bantuan besar jelang Piala Asia (2023). Diharapkan, pertandingan nanti, Timnas Indonesia bisa banyak belajar dari skuad Argentina.

"Dengan laga ini kita bisa tahu tim kita saat ini sekuat apa dan seperti apa, dan tahu juga nanti arah ke depannya apa," ucap eks pemain dan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu.


Janji Bikin Kejutan


Pada laga FIFA Matchday pertama, Timnas Indonesia melawan Palestina hanya mampu menahan imbang 0-0. Maka itu, Shin Tae Yong mati-matian membuat strategi saat nanti menghadapi Argentina.

Pantas saja, selama menjalani persiapan, latihan timnas juga lebih sering digelar tertutup. Bahkan latihan terbuka hanya sekali tepat pada Kamis (15/6/2023).

Kemudian latihan tim Merah Putih berlangsung tertutup di Jakarta hingga H-1 pertandingan. Untuk menghadapi Argentina ini, Shin Tae Yong mengaku sebenarnya ingin memberi kejutan.

Shin Tae Yong pernah berhasil membuat kejutan, saat menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Kala itu, Shin berhasil membuat Son Heung Min dan kawan-kawan mengalahkan Jerman.

Tentu saja bukan tak mungkin Shin Tae Yong bisa membawa Elkan Baggott dan kawan-kawan membuat kejutan dalam laga melawan juara Piala Dunia 2022 tersebut. "Saya pun kali ini ingin beri kejutan sejujurnya,” akunya.

Meski begitu, Shin tetap mengembalikan kepada para pemainnya. Maukah Marselino Ferdinan dan kawan-kawan konsisten dan berkomitmen untuk bisa memberi kejuatan dalam laga melawan tim ranking satu dunia tersebut. (tim redaksi)


#timnasindonesiavsargentina

#FIFAmatchday2023

#argentinavsindonesia

#sepakbola

#shintaeyong

#elkanbaggott

Tidak ada komentar