Breaking News

Sering Vertigo dan Mual Muntah Cek Segera, Bisa Jadi Pertanda Awal Pecah Pembuluh Darah

 Ilustrasi/ net


WELFARE.id-Tubuh kita sesungguhnya seringkali memberikan alarm tentang kondisi kesehatan. Tapi, seringkali kita yang kurang peka terhadap alarm di tubuh kita.

Salah satu penyakit yang fatal jika terjadi pada tubuh kita adalah pecah pembuluh darah di otak. Hal itu termasuk salah satu kondisi medis yang serius dan perlu mendapatkan perhatian cepat.

Sayangnya, gejala awal pecah pembuluh darah di otak kerap kali disepelekan. Tanda-tanda yang muncul mirip dengan keluhan-keluhan ringan yang dialami sehari-hari.

"Banyak orang yang tidak sadar kalau ada masalah yang berpotensi (menandakan) pembuluh darah pecah," ujar dosen Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Andrianto melalui laman resminya, dikutip Kamis (22/6/2023). Pecahnya pembuluh darah akan mengganggu suplai oksigen ke otak. 

Hal ini bisa membuat orang yang mengalaminya tak sadarkan diri, hingga yang paling fatal berujung kematian. Ada beberapa kondisi yang bisa memicu pecahnya pembuluh darah. 

Salah satu penyebab pembuluh darah pecah yang paling umum adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penebalan pada otot dinding pembuluh darah. 

Jika dibiarkan, penebalan ini akan diikuti oleh pelebaran dinding pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah menjadi tipis dan kekuatannya dalam menahan tekanan darah pun berkurang. Kondisi inilah yang menyebabkan pembuluh darah pecah. 

Penyebab kedua adalah kelainan pembuluh darah yang disebut aneurisma. Kelainan satu ini menyebabkan penipisan dinding pembuluh darah.

Ada beberapa gejala awal pecah pembuluh darah di otak yang perlu diwaspadai. Berikut di antaranya:


1. Sakit Kepala

Sakit kepala bisa terjadi karena banyak faktor, seperti kelelahan, kurang tidur, hingga stres. Namun, kamu juga perlu waspada, karena sakit kepala juga bisa menandakan kondisi serius.

Keluhan sakit kepala biasanya terjadi berulang. Rasa sakitnya juga bisa meningkat dari waktu ke waktu. Jika diobati pun, sakit kepala tak akan membaik.


2. Sulit Mengucapkan Kata-Kata

Pecahnya pembuluh darah juga bisa dilihat dari kemampuan bicara seseorang yang menurun. Biasanya, orang yang mengalami pecah pembuluh darah bisa kesulitan dalam mengucapkan kata-kata.


3. Vertigo

Vertigo adalah kondisi yang membuat seseorang merasa pusing bahkan terasa seperti berputar. Tak jarang kondisi ini membuat orang yang mengalaminya kehilangan keseimbangan.

Ada banyak hal yang menyebabkan vertigo. Semua penyebab vertigo memang berhubungan dengan organ-organ yang ada di kepala, termasuk otak. Vertigo bisa jadi salah satu tanda pecahnya pembuluh darah di otak.


4. Mual dan Muntah

Sama seperti sakit kepala, rasa mual atau keinginan untuk muntah bisa terjadi karena berbagai hal. Mual utamanya akan berkaitan dengan masalah di saluran pencernaan.

Namun, mual juga bisa berkaitan dengan pembuluh darah yang pecah. Pada kasus pecah pembuluh darah, mual biasanya akan muncul seiring intensitas sakit kepala yang meningkat. 

Saat tekanan di kepala semakin meningkat, seseorang biasanya akan mengalami mual hingga muntah. (tim redaksi)


#gejalaawalpecahpembuluhdarah

#gejalasuatupenyakit

#vertigo

#sakitkepalaterusmenerus

#mualdanmuntah

#alarmtubuhtandapenyakit

Tidak ada komentar