Breaking News

Safety Mining Perlu Ditingkatkan, Dirjen Minerba Ajak Direksi Perusahaan Pertambangan di Kaltim Saling Bersinergi

Sektor pertambangan. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM mengadakan Pertemuan Direksi Perusahaan Pertambangan seluruh wilayah di Provinsi Kalimantan Timur. Pertemuan yang dihadiri seluruh direksi perusahaan pertambangan se-Kalimantan Timur itu menjadi bentuk dukungan direksi pada program pelaksanaan kaidah teknik pertambangan yang baik. 

Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Timur Munawwar mengatakan, pengelolaan kaidah teknik pertambangan yang baik di Kaltim dapat diciptakan melalui komitmen dan sinergitas yang baik antara para pemangku kepentingan. "Ini adalah suport direksi terhadap kegiatan di lapangan. Tentang mengurangi tingkat kecelakaan dari sisi safety, dukungan sarana,dan prasarana. Direksi bisa mensuport pengelolaan lahan dari sisi lingkungan, dampak pada masyarakat dari sisi CSR dan lain-lain," ungkapnya kepada wartawan di Ballroom Swissbel Hotel Balikpapan, dikutip Jumat (23/6/2023). 

Sebab, lanjutnya, dampak dari pengelolaan kaidah teknik pertambangan yang baik adalah keuntungan. Nantinya diharapkan bisa menjadi pendapatan daerah bagi pemerintah yang akan digunakan untuk kepentingan pembangunan.

Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang Sunindyo Suryo Herdadi menambahkan, pengelolaan keselamatan pertambangan jadi salah satu bagian dari pengelolaan kaidah teknik pertambangan yang baik. Namun, imbuhnya, pelaksanaan di Kaltim masih perlu ditingkatkan. 

Sehingga pihaknya mengajak para direksi perusahaan pertambangan untuk berkomitmen mendukung program kerja keselamatan pertambangan yang telah disusun oleh KTT. "Ketidakpastian pada era ini menjadi suatu keniscayaan, termasuk pada industri pertambangan. Seperti fluktuasi harga komoditas tambang, ancaman-ancaman yang sulit diprediksi seperti bencana alam, atau bahkan wabah penyakit seperti yang baru ini terjadi di dunia yaitu COVID-19," jelasnya. 

Lebih lanjut, ia berharap, direksi perusahaan pertambangan ikut berpartisipasi aktif dan bersinergi dengan setiap pemangku kepentingan. Mulai dari pekerja tambang, perusahaan jasa pertambangan, serta pemerintah, demi menciptakan good mining practice.

"Sinergisitas tersebut dapat berupa dukungan pihak manajemen terhadap program pengelolaan keselamatan pertambangan yang merupakan hal wajib. Sesuai dengan amanat ketentuan peraturan perundangan," harapnya. 

Maka itu, ia juga mengharapkan, semua pekerja tambang harus berkomitmen dalam menjalankan tugas sesuai dengan standar, norma, dan aturan yang berlaku. Mengingat keselamatan di area kerja tidak hanya tanggung jawab satu individu, tetapi juga tanggung jawab seluruh personal yang bekerja di dalamnya. 

"Inspektur Tambang selaku aparat pemerintah melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pengelolaan keselamatan pertambangan yang merupakan salah satu kewajiban dalam penerapan good mining practice," ucapnya. (tim redaksi)


#direksipertambangan

#sektorpertambangan

#dirjenminerba

#kementerianesdm

#peningkatanteknikkeselamatan

#safetymining

#pertambangandikaltim

Tidak ada komentar