Breaking News

Kota Louin di Mississippi Porak-poranda Akibat Terjangan Tornado, 1 Warga Tewas dan 20 Orang Terluka

Suasana porak-poranda akibat terjangan tornado di Kota Louin, Mississippi bagian tengah. (Istimewa/ Accuweater.com)


WELFARE.id-Tornado kembali menerjang Amerika Serikat (AS). Sedikitnya satu korban jiwa dan 20 orang terluka, setelah tornado yang telah dikonfirmasi menyebabkan kerusakan parah di kota kecil bernama Louin, Mississippi bagian tengah.

Terletak sekitar 55 mil sebelah tenggara Jackson, Mississippi, Louin adalah sebuah kota kecil berpenduduk 275 orang. Melansir AccuWeather, Selasa (20/6/2023), Wakil Presiden Pemasaran dan Hubungan Masyarakat di South Central Regional Medical Center Becky Collins, korban luka-luka akibat terjangan tornado pada Minggu (18/6/2023) malam itu sebagian besar sudah keluar dari RS.

Rumah sakit berjarak sekitar 45 menit berkendara dari Louin. "Sebagian besar dari mereka dalam kondisi stabil dan beberapa telah keluar dari rumah sakit dan kembali ke penampungan," ulasnya.

Pemburu Badai Brandon Clement adalah salah satu orang pertama yang mencapai lokasi kerusakan. Clement membagikan video tentang para penanggap pertama dan sukarelawan yang bekerja sama untuk menyelamatkan orang-orang dari reruntuhan.

"Para penanggap pertama dan sukarelawan melakukan hal yang luar biasa dalam menyelamatkan orang-orang,” tulis Clement dalam sebuah unggahan Twitter. Ia kembali mencuit, bahwa dengan banyaknya korban luka pada saat itu, pihak rumah sakit sempat kehabisan ambulans.

"Para petugas medis bahkan sempat menggunakan Humvee untuk mengangkut korban luka ke rumah sakit,” sambungnya. Saat matahari terbit pada Senin (19/6/2023), kerusakan yang terjadi dapat terlihat. 

Dalam sebuah video drone yang dibagikan oleh Clement, beberapa rumah kehilangan atapnya, pohon-pohon roboh dan tumbang, dan puing-puing berserakan. Selain rumah-rumah yang rusak di Louin, sebuah peternakan ayam juga mengalami dampak yang cukup besar. 

Video dari Clement menunjukkan ratusan ayam berbaris di tempat yang dulunya adalah rumah mereka. Tempat pakan ayam tumbang dan pohon-pohon di sekitar properti tersebut patah menjadi dua.

Saat badai petir yang berputar mendekati kota Louin, Layanan Cuaca Nasional sempat mengeluarkan peringatan tornado untuk badai tersebut pada pukul 23.16 waktu setempat. Sekitar 15 menit kemudian, NWS mengonfirmasi bahwa tornado telah berada di darat dan mendesak penduduk untuk mencari tempat berlindung. (tim redaksi)


#badaitornado

#tornadodimississippi

#kotalouinporakporanda

#korbantewas

#korbanluka

#bencanaalam

Tidak ada komentar