Breaking News

Keluarga "Si Doel Anak Sekolahan" Kembali Berduka, Pemeran Ko Ahong Tutup Usia

Kasiman atau lebih dikenal dengan nama panggung Ko Ahong di serial "Si Doel Anak Sekolahan".(Istimewa)


WELFARE.id-Keluarga besar "Si Doel Anak Sekolahan" kembali berduka. Setelah baru-baru ini ditinggal untuk selama-lamanya Aminah Cendrakasih yang berperan sebagai Mak Nyak, kini giliran Kasiman alias Salman Al Farisi yang dikenal lewat perannya sebagai Ko Ahong. 

Ya, setelah melalui "tidur panjang" selama tiga bulan karena sakit, Kasiman akhirnya berpulang, Selasa (13/6/2023). Hal itu diungkap langsung oleh Rano Karno dalam siaran live Instagram kemarin, dikutip Rabu (14/6/2023).

Ia menjelaskan, rekan kerjanya itu sempat tak sadarkan diri selama tiga bulan. "Hari ini dia pergi setelah selama hampir tiga bulan tidak sadarkan diri," ucap pemeran Si Doel itu.

Selebihnya, Rano tidak membeberkan penyebab utama Kasiman koma. Maudy Koesnaedi yang sempat satu frame menjadi lawan main Kasiman di sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" pun turut menyampaikan ucapan belasungkawa atas kepergian pemeran Ahong itu.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang saudara kita, sahabat kita, rekan kita, H. Kasiman/Ahong pada hari ini, Selasa tanggal 13 Juni 2023," tulis Maudy Koesnaedi di Insta Storiesnya, dikutip Rabu (14/6/2023). Pemeran Zaenab yang dalam cerita "Si Doel" sempat dijodohkan ke Ko Ahong oleh keluarganya itu meminta seluruh masyarakat membukakan pintu maaf untuk almarhum.

"Mohon dibukakan pintu maafnya. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu," sambungnya. Lebih jauh, Maudy mengenang kebersamaannya dengan Salman Al Farisi dalam sinetron fenomenal berlatar budaya Betawi itu.

"29 tahun lalu syuting si Doel di pabrik batako miliknya. Sejak itu kenal Koh Ahong yang sabar setiap dibecandain, selalu ramah, siap bantuin, baik hatinya," kenang Maudy.

Dia mengutarakan rasa terima kasihnya atas kebaikan Salman Al Farisi selama keduanya syuting bareng. Maudy juga meminta maaf dirinya belum sempat membesuk Salman Al Farisi saat terbaring sakit hingga akhirnya akan dimakamkan.

"Terima kasih yah koh untuk semua dan kenangan baiknya selama ini. Maafin Zaenab belum sempet jenguk dan nggak bisa nganterin," lanjutnya.

Tak lupa, Maudy Koesnaedi memberikan doa terbaiknya untuk Salman Al Farisi."Semoga Koh Ahong husnul khotimah. Al fatihah," tuntasnya.


Profil Almarhum


Koh Ahong adalah seorang keturunan Tionghoa yang lahir di Aceh dengan nama Kasiman. Ia kemudian menjadi mualaf dan berganti nama menjadi Salman Al Farisi serta menunaikan ibadah haji bersama Rano Karno.

Ia mulai berkarir di dunia hiburan sejak diajak bergabung menjadi pemeran salah satu tokoh dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" pada 1994. Haji Kasiman adalah pengusaha dan seniman keturunan Tionghoa yang dikenal atas perannya sebagai “Ahong” dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang sangat populer pada tahun 1990-an.

Dalam sinetron tersebut, karakter Ahong digambarkan sebagai seorang pengusaha keturunan Tionghoa dan rekan bisnis ayah Zaenab, Rohim (Tb. Maulana Husni) yang jatuh hati kepada Zaenab (Maudy Koesnaedi) namun cintanya tidak pernah terwujud karena Zaenab lebih menyukai Doel (Rano Karno).

Meskipun nama aslinya adalah Kasiman, namun orang-orang lebih sering memanggilnya dengan Ahong. Kasiman lahir di Aceh dari keturunan Tionghoa. 

"Dia keturunan Tionghoa. Ia mualaf dan naik haji bersama saya. Sejak itulah ia mengganti nama menjadi Salman Al Farisi," kata Rano.

Kasiman kembali dipercaya oleh Rano Karno untuk terlibat dan memerankan karakter legendaris Ahong tersebut dalam film “Si Doel The Movie” yang rilis pada 2018. Rano mengaku, dialah yang mengajak Kasiman gabung ke Si Doel. 

"Dia mengaku ke saya tidak bisa akting pas saya ajak gabung," kenangnya. Namun, kala itu Rano tetap mengajak Kasiman berakting di sinetron Si Doel puluhan tahun lalu.

"Memang saya bilang ke dia mencari orang tidak bisa akting dan dia mau," ucapnya. Rano pun kaget melihat respon masyarakat yang senang melihat tokoh Ko Ahong yang diperankan Kasiman dalam Si Doel.

"Beliau pun terkenal dengan sosok Ko Ahong. Masyarakat juga senang dengan kehadiran dia," ucapnya.

Rano mengakui lokasi syuting Si Doel dibuat oleh Kasiman atau Ko Ahong, dengan proses yang panjang dan tidak mudah. "Rumah Si Doel adalah jerih payah dia (Kasiman). Ia membangun ini bahkan sempat gagal karena longsor tiga kali. Tapi dia selesaikan semuanya dengan dana dari dia sendiri," tuntasnya. (tim redaksi)


#koahongmeninggal

#kasiman

#salmanalfarisi

#mualaf

#sidoelanaksekolahan

#serialbetawi

#beritadukacita

Tidak ada komentar