Breaking News

Kapal Selam OceanGate Titanic Hilang Kontak, Nasib 5 Miliuner Awak Penumpang Masih Misteri

Kapal selam wisata Titanic yang hilang. (Istimewa/ Dok.OceanGate0


WELFARE.id-Nasib kapal selam dengan lima penumpang miliarder yang hilang saat melakukan ekspedisi wisata ke reruntuhan Titanic, masih misteri. Kapal selam kecil dengan 5 penumpang hilang sejak Minggu (18/6/2023) waktu setempat di Samudra Atlantik utara. 

Misi pencarian kapal selam yang khusus diperuntukkan untuk tur bangkai kapal Titanic yang tenggelam 14 April 1912 itu masih terus dilakukan. Perusahaan ekspedisi OceanGate yang menaungi tur bangkai kapal Titanic tersebut menyatakan, semua opsi dilakukan untuk menyelamatkan 5 orang di dalam kapal selam. 

Melansir CNN, Rabu (21/6/2023), penyebab kapal selam bernama OceanGate Titan hilang belum diketahui. Seorang penjaga pantai Amerika Serikat melaporkan komunikasi dengan OceanGate Titan hilang setelah satu jam 45 menit sejak awal menyelam dari St John's, Newfoundland, Kanada.

Mengutip BBC, Rabu (21/6/2023), eksplorasi bangkai kapal Titanic membutuhkan waktu sekitar 8 jam termasuk proses menyelam dan naik. Sementara itu, OceanGate Titan mempunyai suplai oksigen darurat untuk 96 jam atau 4 hari.

Kapal selam membawa seorang pilot dan 4 "spesialis misi" alias grup yang melakukan ekspedisi. Salah satu di antaranya adalah miliarder Hamish Harding, pebisnis asal Inggris pemilik perusahaan Action Aviation.

Sehari sebelum keberangkatannya, Harding sempat memberitahukan publik. "I finally announce that I joined OceanGate Expeditions for their RMS TITANIC Mission as a mission specialist on the sub going down to the Titanic," tulis Harding.

Diketahui setiap turis yang mengikuti ekspedisi wisata itu dikenakan biaya USD250 ribu atau sekitar Rp3,7 miliar. Lantas,  siapa saja penumpang kapal selam wisata tersebut?


Hamish Harding

Harding adalah miliarder Inggris dan pemimpin perusahaan penerbangan Action Aviation. Sebelum naik ke kapal selam, Harding sempat menulis di media sosial bahwa dia bangga akan ikut berpartisipasi dalam misi Titanic.

"Karena musim dingin terburuk di Newfoundland dalam 40 tahun, misi ini kemungkinan akan menjadi yang pertama dan satu-satunya sebagai misi berawak ke Titanic pada 2023," ujar Harding. Sebelumnya, Harding juga ikut berpartisipasi dalam misi penerbangan "One More Orbit" 2019 yang mencetak rekor penerbangan tercepat mengelilingi bumi, dengan pesawat terbang di kedua kutub geografis.


Shahzada Dawood dan putranya Suleman

Keluarga Dawood mereka telah mengkonfirmasi bahwa Shahzada dan Suleman ada di kapal selam wisata Titanic. Shahzada adalah wakil ketua salah satu konglomerat terbesar Pakistan, Engro Corporation, dengan investasi di bidang pupuk, manufaktur kendaraan, energi, dan teknologi digital. 

Menurut situs web SETI, sebuah lembaga penelitian yang berbasis di California, Shahzada tinggal di Inggris bersama istri dan dua anaknya.


Paul-Henri Nargeolet

Nargeolet merupakan penjelajah Prancis berusia 77 tahun. Ia adalah direktur penelitian bawah laut di sebuah perusahaan yang memiliki hak atas bangkai kapal Titanic. 

Ia merupakan  seorang mantan komandan di Angkatan Laut Prancis dan seorang penyelam serta penyapu ranjau. Setelah pensiun dari angkatan laut, Nargeolet memimpin ekspedisi penyelamatan pertama bangkai Titanic pada 1987 dan merupakan otoritas terkemuka di lokasi bangkai kapal.  

Dalam wawancara pada 2020 dengan radio France Bleu, ia berbicara tentang bahaya penyelaman dalam. "Saya tidak takut mati, saya pikir itu akan terjadi suatu hari nanti," ujar Nargeolet.


Stockton Rush

Rush adalah pendiri dan CEO perusahaan operasi kapal yang berbasis di Amerika Serikat, OceanGate. Menurut biografi di situs website OceanGate, Rush menjadi pilot dengan peringkat transportasi jet termuda di dunia ketika dia memperoleh peringkat Tipe / Kapten DC-8 di United Airlines Jet Training Institute pada 1981 dalam usia 19 tahun. 

Ia sempat mengungkapkan kekagumannya terhadap bangkai kapal Titanic. "Ini adalah bangkai kapal yang luar biasa indah," kata Rush kepada Sky News tentang Titanic awal tahun ini. (tim redaksi)


#kapalselamoceangate

#kapalselamtitanichilangkontak

#misiwisatatitanichilang

#5miliunerduniahilang

#oceangate

#misipencarianoceangatetitan

Tidak ada komentar