Breaking News

Kapal Imigran Gelap Timur Tengah Terbalik di Yunani, 79 Orang Tewas Ratusan Hilang

 
Kapal tenggelam. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id -Sebuah kapal pengangkut ratusan imigran dari Timur Tengah terbalik dan tenggelam di laut lepas Kota Pylos, Yunani, Rabu (14/6/2023). Setidaknya 79 imigran tenggelam, sementara ratusan lainnya masih hilang. 

Melansir Reuters, Kamis (15/6/2023), ratusan imigran itu tewas setelah kapal mereka terbalik dan tenggelam di lepas pantai Yunani. Diduga kuat kapal tersebut kelebihan muatan.

Kapal imigran tersebut ditemukan sekitar 80 kilometer sebelah barat daya Kota Pylos, di selatan Yunani. Pihak berwenang Yunani mengatakan awalnya kapal tersebut menolak bantuan. 

Tapi beberapa jam kemudian kapal terbalik dan tenggelam, memicu operasi pencarian dan penyelamatan. Ini merupakan salah satu bencana pelayaran paling mematikan di Eropa dalam beberapa tahun terakhir. 

Saat pencarian korban yang selamat berlanjut, sebuah badan amal dukungan penyelamatan Eropa mengatakan, mereka yakin sekitar 750 orang berada di kapal sepanjang 20 hingga 30 meter. Badan imigrasi PBB memperkirakan ada hingga 400 penumpang. 

Sejauh ini, 104 orang telah diselamatkan. Juru bicara penjaga pantai Nikos Alexiou mengatakan kepada ERT TV, dikutip Kamis (15/6/2023), bahwa tidak mungkin memperkirakan jumlah penumpang secara akurat. 

Ia mengatakan, tampaknya kapal itu terbalik setelah orang-orang tiba-tiba pindah ke satu sisi. "Dek luar penuh dengan orang, dan kami menduga interior (kapal) juga penuh," terangnya lagi.

Yunani merupakan rute utama imigran dari Timur Tengah, Asia dan Afrika yang hendak menuju Uni Eropa. Sebagian besar menyeberang ke pulau-pulau Yunani dekat Turki. 

Tapi semakin banyak kapal imigran yang mengambil rute lebih jauh dan berbahaya dari Turki lalu Yunani kemudian ke Italia. (tim redaksi)


#kapalimigrangelaptenggelamdiyunani

#kapaltenggelamdiyunani

#insidenpelayaran

#korbantewas

#korbantenggelam

#ruteutamaimigrangelaptimurtengah

Tidak ada komentar