Breaking News

Kafe Remang-Remang Menjamur di Sekitar Lokasi IKN, Ada Indikasi TPPO

 Ilustrasi/ net


WELFARE.id-Wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kalimantan Timur, terus berkembang. Efek dari perkembangan wilayah IKN Nusantara adalah menjamurnya kafe remang-remang di wilayah itu.

Saat ini, Polres Penajam Paser Utara (PPU) tengah menertibkan sejumlah kafe remang-remang yang terindikasi melakukan kegiatan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). "Sejumlah kafe remang-remang di sejumlah lokasi di PPU, termasuk di wilayah IKN, Kecamatan Sepaku terindikasi melakukan TPPO,” ujar Wakapolres PPU Kompol Bergas Hartoko, dikutip Senin (19/6/2023).  

Berdasarkan hasil pemantauan lapangan Tim khusus TPPO yang dibentuk Polres PPU terdata di Kelurahan Pemaluan, Sepaku terdapat delapan lokasi yang diindikasi sebagai kafe remang-remang melakukan kegiatan TPPO. "Kedok kafe itu sebagai warung kopi biasa, namun dicurigai juga merupakan tempat prostitusi. Hal ini tentu menjadi atensi Polres, lantaran wilayah itu masuk IKN,” bebernya.

Ia menegaskan, Polres PPU terus melakukan pemantauan di lokasi itu guna mengantisipasi adanya TPPO di lokasi tersebut. "Hingga kini masih terus melakukan penyelidikan sejumlah tempat termasuk di wilayah IKN untuk mengungkap adanya kasus TPPO yang kerap terjadi di warung remang-remang berkedok menjual kopi,” janjinya.

Dirinya memastikan, tindakan tegas sesuai aturan hukum berlaku pasti dilakukan apabila terjadi pelanggaran hukum dan itu tidak pandang bulu termasuk jika ada oknum anggota yang terlibat. Selain itu, sambungnya, pemetaan juga tengah dilakukan, terhadap daerah-daerah yang berpotensi terjadi TPPO. 

Fokusnya juga di perbatasan. "Untuk penertiban itu ranah pemerintah daerah, sedangkan jika ada pelanggaran hukum maka kami ambil tindakan tegas. Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah untuk dilaksanakan penertiban yang merupakan ranah mereka,” tandasnya.

Wilayah perbatasan memang rawan tindak kejahatan TPPO. Maka itu, Polres PPU menargetkan, sasaran mereka adalah para pendatang dan akan dilakukan pemetaan. (tim redaksi)


#polresPPU

#penajampaserutara

#wilayahIKN

#ibukotanegara

#IKNnusantara

#TPPO

#munculnyakaferemangremang

#wakapolresPPU

Tidak ada komentar