Breaking News

Isi Liburan Sekolah dan Idul Adha, Ini 5 Rekomendasi Tempat Wisata yang Dekat dari Jakarta

Taman Wisata Alam Mangrove, Jakarta Utara. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Liburan sekolah dan cuti bersama Idul Adha bisa menjadi momen berkumpul untuk keluarga. Sekaligus juga momen berlibur ke beberapa tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari Jakarta.

Nah, jika kamu warga Jabodetabek, tidak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk berwisata singkat. Melansir berbagai sumber, Selasa (27/6/2023), berikut 5 destinasi wisata di Jabodetabek yang bisa kamu kunjungi:


1. Kepulauan Seribu

Wisata alam pertama yang dapat menjadi tujuan adalah Kepulauan Seribu, yang merupakan kumpulan pulau yang terletak di utara Jakarta. Di tempat ini, ada banyak spot yang bisa dinikmati oleh para wisatawan untuk menikmati keindahan laut dan ekosistem yang ada di dalamnya.

Salah satu spot yang dapat dikunjungi di Kepulauan Seribu adalah Pulau Tidung, baik besar maupun kecil. Di titik ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling, diving, bermain air, dan sebagainya.

Selain Pulau Tidung, spot lainnya adalah Pulau Pari. Pulau yang satu ini memiliki pasir pantai dan terumbu karang yang indah. 


2. Taman Wisata Alam Angke Kapuk 

Destinasi wisata alam lainnya di sekitar Jabodetabek adalah Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta. Tempat ini merupakan kawasan konservasi alam mangrove seluas 99,82 hektare yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam.

Kawasan ini disebut pernah digarap oleh penambak liar, sehingga menghilangkan pepohonan, merusak alam, dan ekosistem mangrove yang ada. Namun, pemerintah mulai melakukan restorasi pada 1998 dan diresmikan pada 2010 oleh Menteri Kehutanan pada saat itu.


3. Kebun Raya Bogor

Wisata alam lainnya yang ada di sekitar Jabodetabek adalah Kebun Raya Bogor. Tempat ini pada awalnya adalah kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini menjadi awal perkembangan ilmu pengetahuan dan wadah bagi ilmuwan, terutama di bidang botani. Di Kebun Raya Bogor terdapat tempat menarik yang dapat menjadi destinasi wisata seperti Taman Anggrek Hitam.

 

4. Leuwi Liyet

Destinasi wisata alam selanjutnya, adalah Luwi Liyet. Merupakan hamparan air mengalir dengan warna hijau toska yang jernih dan diapit tebing di sisi kanan dan kirinya.

Pepohonan yang tumbuh di setiap sisinya menambah suasana alami ketika menikmati wisata alam yang mirip dengan Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat, itu. Lokasi destinasi wisata ini di atas Leuwi Hejo dan Curug Barong.

Bagi kamu pencinta adventure, perjalanan ke Leuwi Liyet akan memberikan sensasi tersendiri lantaran medannya yang menanjak, tekstur tanah berwarna cokelat berpasir, dan licin. 

 

5. Gunung Bunder

Destinasi wisata alam lainnya yang berada di daerah Jabodetabek adalah Gunung Bunder. Termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. 

Di tempat ini, kamu bisa menemukan sejumlah air terjun, dan hutan hujan tropis berupa deretan pohon pinus. Contoh air terjun itu antara lain, Curug Ngumpet, Curug Cihurang, Seribu, Gebluk, Pangeran, dan Cigamea. 

Di antara curug yang ada, Cigamea mememiliki pemandangan indah dan rute perjalanan yang cenderung tidak berat. Selain itu, di tempat ini juga terdapat bumi perkemahan dan pendakian Kawah Ratu. (tim redaksi)


#destinasiwisata

#objekwisata

#destinasiwisatadijabodetabek

#cutibersamaiduladha

#liburansekolah

#wisataalam

Tidak ada komentar