Breaking News

Hujan Lebat hingga Juli Berpotensi Banjir Bandang, Alarm Bagi Warga di 16 Aliran Sungai di Selatan Tiongkok

Banjir hebat yang sempat melanda Tiongkok. (Ilustrasi/ Dok.Anadolu Agency)


WELFARE.id-Kementerian Sumber Daya Air Tiongkok memberikan peringatan dini kepada warga yang bermukim di 16 aliran sungai di bagian selatan Tiongkok. Pasalnya, debit air di 16 sungai di wilayah itu meningkat drastis dan telah melampaui   garis peringatan akibat hujan deras yang mengguyur akhir pekan kemarin.

Sungai-sungai itu, sebagian besar merupakan anak sungai dari sejumlah sungai regional besar yang mengalir melintasi Guangdong, Guangxi, Hunan, Jiangxi, dan Yunnan. Hujan lebat diperkirakan akan berlangsung hingga Minggu (2/7/2023). 

Sehingga dikhawatirkan akan mendorong ketinggian air hingga mencapai garis peringatan di sungai-sungai tertentu di lembah Sungai Mutiara serta di dekat danau Dongting dan Poyang.

Kementerian juga telah mengirimkan lima kelompok kerja untuk memberikan instruksi tentang pencegahan banjir di daerah-daerah yang terdampak.

Sejumlah daerah seperti Guangxi, Hunan, dan Zhejiang mempertahankan respons daruratnya terkait banjir. Kementerian menambahkan bahwa pihaknya akan terus mencermati perkembangan banjir dan menerapkan berbagai tindakan pencegahan demi menjamin keselamatan. (tim redaksi)


#ancamanbanjirditiongkok

#tindakanpencegahan

#cuacaekstrem

#curahhujantinggi

#luapanairsungai

#pencegahandini

Tidak ada komentar